Banswaslu OKU Sosialisasikan Tahapan Pemilu 2024

user
Romi Maradona 03 Desember 2022, 17:49 WIB
untitled

Beritamusi.co.id - Banwaslu Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) melaksanakan kegiatan Sosialisasi pengawasan penyelenggaraan pemilu partisipatif pada pemilu 2024.

Dalam kegiatan ini diikuti dari Organisasi dan unsur masyarakat di kabupaten OKU yang di laksanakan di Aula Hotel The zuri baturaja, Sabtu (03/12/2022).

Ketua Banwaslu Kabupaten OKU Dewantara mengatakan, tahapan pengawasan pemilu kabupaten OKU berupa pengawasan partisipatif.

"Karena ada keterbatasan kita, maka dari itu kita melibatkan unsur dari masyarakat, seperti organisasi, alim ulama, ormas, mahasiswa, dan media, untuk membatu kami dalam melakukan tahapan pengawasan pemilu tahun 2024,"ujarnya.

Dikatakan Dewantara, pihaknya berharap kedepan mereka semua bisa menjadi mata dan kaki bawaslu di lapangan dalam melakukan pemantauan tahapan pemilihan umum yang akan datang.

"Kalau nantinya ditemukan adanya pelanggaran yang dilakukan oleh peserta pemilu, silahkan laporkan dan berkordinasi dengan kami, untuk melakukan penyelesaian baik secara administrasi, pidana, maupun secara etik,"ungkapnya.

Saat ini kata dia, pihaknya sedang pokus verifikasi uji petik partai politik, dikarenakan dalam hitungan hari tanggal 5 Desember 2022 semua laporan uji petik akan dilaporkan dari panwas kecamatan untuk membantu kami dalam rangka pengawasan itu.

"Kami juga sudah melakukan daerah pemilihan itu diuji publik oleh KPU, karena di daerah pemilihan inilah yang menjadi dasar kontestan peserta pemilu untuk mengisi kursi - kursi di DPR,"katanya.

Sementara untuk daftar pemilih ini sedang dilakukan verifikasi oleh KPU, nanti akan dilakukan juga tahapan - tahapan pencermatan oleh Banwaslu untuk daftar mata pilih ditetapkan sebagai mata pilih tetap. (HARISON)

Kredit

Bagikan