39 Panwascam OKU Resmi Dilantik

user
Romi Maradona 28 Oktober 2022, 14:59 WIB
untitled

Beritamusi.co.id - Menjelang Pemilu dan Pemilihan serentak tahun 2024, Bawaslu Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) melantik 39 orang Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) 13 kecamatan di OKU Jum'at (28/10/2022).

Pelantikan yang dipusatkan di Hotel Bil Baturaja ini dilakukan oleh Ketua Bawaslu OKU Dewantara Jaya dan dihadiri oleh Pj Bupati OKU H Teddy Meilwansyah SSTP MM MPd,/ Dandim 0403 OKU// Letkol Inf Ferizal R SIP, Kasat Intel Polres OKU AKP Hendri Antonius SH, kasi Pidum Kejari OKU Erik Eko Bagus Mudigdho, ketua KPU OKU Naning Wijaya dan tamu undangan lainnya.

Ketua Bawaslu OKU Dewantara Jaya dalam sambutannya mengatakan pembentukan bawaslu ini sesuai dengan aturan Undang-undang. 39 orang Panwascam yang dilantik hari ini merupakan peserta yang lolos dalam seleksi Panwascam yang sangat ketat yakni seleksi Administrasi, Seleksi CAT dan Wawancara.

"Seleksi CAT ini model baru perekrutan Panwascam, CAT tahun lalu diakumulasi dengan wawancara, namun kali ini dilakukan sistem gugur diambil 6 orang untuk seleksi wawancara, dan hasilnya yang lolos 3 orang," kata Dewantara.

Selepas pelantikan dan pembekalan ini Dewantara berpesan agar anggota Panwascam dapat melakukan koordinasi dengan seluruh unsur kecamatan seperti Camat, Kapolsek, Danramil, Kepala Desa, tokoh masyarakat dan unsur lainnya. "Mata dan kaki kita ini adalah masyarakat, jadi lakukan koordinasi secepatnya, dan tetap jaga solidaritas," pesannya.

Saat ini dikatakan Dewan, KPU OKU tengah melakukan Verifikasi Parpol, untuk itu ia meminta Panwascam untuk melakukan pendampingan hal tersebut. Selain itu Panwascam juga diminta untuk memetakan daerahnya dan berkoordinasi dengan KPU OKU.

"Nanti akan dibuatkan surat tugas pendampingan Verifikasi Parpol. Ingat jangan takut apapun yang dilakukan panwascam tanggung jawab dari bawaslu namun harus sesuai aturan. Modal utama kita yaitu PKPU, Perbawaslu dan aturan," tandasnya.

Sementara itu PJ Bupati OKU H Teddy Meilwansyah SSTP MM MPd dalam sambutannya mengatakan Anggota Panwascam yang dilantik ini merupakan orang-orang pilihan yang telah melalui seleksi yang sangat selektif yang diharapkan dapat bekerja secara profesional.

"Saya ucapkan selamat menjadi anggota Panwascam, jadilah pengawas yang profesional karena akan banyak dinamika di lapangan," katanya

Teddy juga meminta agar Anggota Panwascam yang baru dilantik ini untuk memahami aturan karena setiap tahun pasti ada perubahan aturan yang baru. "Tanya dengan Komisioner bawaslu yang sudah expert dalam bidang pemilu." Imbuhnya

Ditambahkan Teddyb dalam menjalankan tugas Panwascam menggunakan uang negara yang dipergunakan dan dipertanggung jawabkan sebaik-baiknya. "Kalau di daerah kita mungkin tidak terjadi, ada contoh dalam penggunaan anggaran ini biasanya banyak bermasalah. Jadi pergunakan dan pertanggung jawaban yang sebaik-baiknya sehingga tidak terjadi hal yang tidak diinginkan dikemudian hari. 2024 menjadi tugas yang berat bagi penyelengara pemilu," tandasnya. (HARISON)

Kredit

Bagikan