Kapolres OKU Dukung Penuh Tahapan Pemilu 2024

user
Romi Maradona 29 Agustus 2022, 21:14 WIB
untitled

Beritamusi.co.id - Kapolres Ogan Komering Ulu (OKU) beserta jajarannya mendatangi kantor KPU Kabupaten OKU dalam rangka silahturahmi, serta memberikan dukungan penuh kepada KPU Kabupaten OKU untuk melaksanakan tahapan Pemilu 2024.Senin (29/08/2022).

Ketua KPU Kabupaten OKU Naning Wijaya, ST menyampaikan Ucapan terimakasih kepada Kapolres OKU beserta rombongan yang berkesempatan hadir di Kantor KPU Kabupaten OKU.

"Kegiatan KPU Kabupaten OKU saat ini sedang melaksanakan tahapan Pemilu 2024, yaitu Verifikasi Partai Politik yang rangkaian kegiatannya akan berakhir Desember 2022," ujar Naning.

Lebih lanjut disampaikannya, diperkirakan kegiatan KPU Kabupaten OKU baru akan padat pada tahun 2023.

"Dimana nantinya ada penetapan Calon anggota DPRD Kabupaten Provinsi dan DPR RI serta penetapan Calon Presiden 2024," katanya.

Naning menambahkan, rangkaian tahapan saat ini telah berjalan dengan baik, belum ada hambatan-hambatan yang menggangu tahapan Pemilu 2024.

"Kami berharap tahapan Pemilu 2024 dapat berjalan dengan baik sampai dengan selesai tahapan,"ungkapnya.

Sementara itu Kapolres OKU AKBP Danu Agus Purnomo mengucapan terimakasih atas sambutan dan penerimaannya oleh Ketua KPU Kabupaten OKU dan jajarannya dalam kegiatan silaturahmi ini.

"Kegiatan silaturahmi hari ini ke kantor KPU Kabupaten OKU untuk memberikan dukungan penuh kepada KPU untuk melaksanakan tahapan Pemilu 2024 supaya dapat berjalan dengan lancar dan kondusif," kata Kapolres.

Dilihat dari situasi saat ini ujarnya, kegiatan Parpol di Kabupaten OKU sudah meningkat intensitasnya walaupun tahapan penting akan berjalan di tahun 2023.

Situasi Kondisi Pemilu 2024 nantinya berbeda seperti Pemilu 2019 sebelumnya, untuk itu Polres OKU sudah siap untuk menghadapi situsi yang berubah dinamis setiap harinya.

"Kami siap untuk mendukung Penyelenggara agar Pemilu 2024 dapat berjalan aman dan kondusif setiap tahapannya,"ungkap Kapolres.

Terpisah Komisioner Divisi teknis dan penyelenggaraan Yudi Risandi juga menyampaikan bahwa kegiatan KPU Kabupaten OKU bagian divisi teknis saat ini yaitu Verifikasi adminitrasi parpol.

"Untuk hasil verifikasi administrasi nanti akan diumumkan tanggal 14 September 2022. Setelah lolos administrasi, selanjutnya Partai yang lolos akan melaksanakan Verifikasi Faktual,"ungkapnya.

Yudi mengatakan, perlu diketahui Pemilu 2024 berbeda dengan Pemilu 2019. Pada 2024 berkas Parpol didaftarkan ke KPU RI ke dalam aplikasi Sipol, dari KPU RI diturunkan Kabupaten melalui soft file.

"Untuk Kabupaten OKU syarat jumlah anggota tiap partai akan lolos minimal 372 dukungan. Sampai dengan pendaftaran ditutup, terdapat 22 Parpol di Kabupaten OKU yang mengikuti verifikasi Parpol Pemilu 2024,"tambahnya.

Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM, Dony Mardiansyah juga ikut menyampaikan, KPU Provinsi Sumsel saat ini akan mengadakan sekolah Demokrasi di masing-masing Kabupaten untuk anggaran kegiatan berasal dari KPU Provinsi Sumsel.

"Untuk peserta diutamakan pemilih pemula, Pemilih disabilitas dan tokoh masyarakat,"jelas dia.

Katanya, untuk saat ini jumlah pendaftar yang akan mengikuti sekolah Demokrasi sebanyak 64 peserta dan yang akan lolos sebanyak 25 peserta.

"Untuk nantinya kegiatan ini akan dilaksanakan seminggu sekali selama 1 bulan,"jelasnya. (HARISON)

Kredit

Bagikan