Songsong Pemilu 2019, KPUD OKI Gelar Pagelaran Seni dan Budaya

user
admin 21 April 2018, 15:53 WIB
untitled

Ogan Komering Ilir I Menyongsong pemilihan umum (Pemilu) serentak 2019 mendatang. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) menggelar pagelaran seni dan budaya di depan halaman sekretariat KPUD OKI, Sabtu (21/4/2018).

Pagelaran seni yang bertema ”Satu tahun menyongsong Pemilu serentak tahun 2019″ ini sebagai salah satu wujud ajakan untuk masyarakat agar berpartisipasi pada pemilu serentak 2019.

Ketua KPU OKI, Dedi Irawan mengatakan, pegelaran seni ini merupakan bentuk manifestasi dari keragaman budaya yang ada di Indonesia khususnya di Kabupaten OKI. “Jadi ini digelar untuk mensosialisasikan pemilu dan sosialisasi yang dilakukan oleh partai politik masing-masing peserta pemilu,” kata Dedi.

Dirinya mengharapkan, dengan adanya sosialisasi seperti ini akan membuat pesta demokrasi semakin semarak dan meningkatkan partisipasi pemilih masyarakat. “Kegiatan seperti ini sendiri diselenggarakan di seluruh Indonesia,” ungkapnya.

Pada kesempatan ini, tambah Dedi, pihaknya mengundang 14 parpol yang ada di Kabupaten OKI. “Ada beberapa parpol yang tidak mengutus,” lanjutnya.

Secara umum, di Indonesia total parpol peserta pemilu berjumlah 20 partai (ditambah empat dari partai Aceh). “Sedangkan di Kabupaten OKI terdapat 14 Parpol, yaitu PKB, Gerindra, PDIP, Golkar, Nasdem, Garuda, PKS, Perindo, PSI, PAN, Hanura, Demokrat, PBB, dan PKPI, minus PPP dan Berkarya,” jelasnya.

Plt Bupati OKI, H M Rifa’i SE mengungkapkan, dalam menghadapi pesta demokrasi ini dirinya mengajak untuk bersama mematangkan demokrasi. “Pemda mendukung sepenuhnya pilkada serentak melalui penganggaran pilkada 2018 kepada KPU, dan telah ditandatangani bersama,” ungkapnya.

Terkait pegelaran seni, lanjut Rifa’i, dirinya mengharapkan kegiatan ini dapat melestarikan budaya daerah. “Tak lupa kami berpesan agar masyarakat tetap menjaga ketertiban dan keamanan, besar harapan agar dapat meningkatkan partisipasi untuk melahirkan pemimpin Kabupaten OKI yang berkualitas,” tegasnya.

Selain dilakukan pegelaran seni dari berbagai parpol, sebelumya juga digelar jalan sehat dan senam bersama di sekretariat KPU OKI.(Romi)

Kredit

Bagikan