Berkolaborasi dengan AJV, Fisip UIN Raden Fatah Gelar Diskusi Digital

user
arie 11 Maret 2022, 08:56 WIB
untitled

PALEMBANG | FISIP UIN Raden Fatah Palembang berkolaborasi dengan Aliansi Jurnalis Vidio (AJV) sukses menggelar Diskusi Literasi dengan tema "Membangun Desa dengan Kecerdasan Digital". Diskusi dilaksanakan di Gedung Rafa Tower Lt. IV UIN Raden Fatah Palembang, Kamis (10/03/2022).

Prof. Dr. Izomiddin.,M.A, Dekan FISIP mengatakan pada dasarnya ingin memetakan literasi digital bagi dosen-dosen, kemudian akan mengait mahasiswa dan meningkatkan kualitas pengajaran karena di zaman revolusi industri 4.0 harus melibatkan diri untuk meningkatkan kemampuan diri di dunia digital.

"Kalau tidak mengikuti, ya ketinggalan. Baik secara individu dosen, mahasiswa juga lembaga. Kalau kita ketinggalan otomatis, kita tidak akan dikenal oleh dunia luar karena kita tidak mampu membawa diri kita terekspose di dunia maya," tuturnya.

"FISIP juga kan punya Lab. Jadi sangat disayangkan jika Prodi Ilmu Komunikasi tidak mempunyai TV digital, jadi kehadiran mereka menjadi angin segar, dan mereka juga berharap besar, apalagi kita sebagai pengelola lembaga," lanjutnya.

Secara akademisi kehadiran AJV (Aliansi Jurnalis Vidio) yang berkolaborasi bersama FISIP UIN Raden Fatah Palembang bisa melakukan pembinaan di desa-desa, dan membangun desa binaan tv digital, bahkan mempermudahkan para dosen-dosen untuk melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Dr. Rulli Nasrullah, M.Si selaku Narasumber mejelaskan  munculnya TV Desa yang diinisiasi oleh AJV merupakan program baru dan akan disosialisasikan di berbagai provinsi yang ada di Indonesia seperti Manado, Banjarmasi dll.

"Oleh karena itu kami jalan ke berbagai desa, mendorong masyarakat desa untuk membuat konten yang bagus, karena nantinya persaingan TV digital nanti akan banyak kekurangan konten, dan ini kesempatan bagi mahasiswa, warga-warga desa untuk membangun konten-konten yang berasal dari desanya," Paparnya.

Haris Jauhari selaku Pembina AJV menuturkan bahwa konsep yang akan dibangun adalah Stasiun TV desa yang disiarkan melalu jaringan internet dan melalui sebuah aplikasi. Hadirnya TV Desa ini memungkinkan untuk masyarakat  mempromosikan desanya mulai dari pariwisata, makanan, budaya, kerajinan dan lain sebagainya, bahkan setiap masyarakat desa bisa bertukar informasi untuk memajukan desanya.

"Yang lebih memudahkan lagi masyarakat desa bisa bertukar informasi dengan desa-desa yang ada diseluruh Indonesia, sehingga bisa memasarkan produk-produk yang ada didesa tersebut," pungkasnya.

"AJV juga sudah berkolaborasi dengan Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Jawa Barat juga di beberapa daerah lain seperti Bengkulu, dan di Sumatera Selatan inilah berkolaborasi dengan FISIP UIN dan STISIPOL Candradimuka," bebernya.

Acara dihadiri oleh Dekan Fakultas FISIP, Prof. Dr. Izomiddin,M.A. Wakil Dekan 1, Dr. Yenrizal, M.Si, Dosen-Dosen FISIP, Dosen Tamu dari berbagai Universitas di Kota Palembang, rekan Media, dan Mahasiswa UIN Raden Fatah Palembang. Kemudian dilanjutkan dengan penandatangan MoU FISIP UIN Raden Fatah Palembang dengan Aliansi Jurnalis Vidio. (Mirna)

Kredit

Bagikan