Fahum gelar Dialog Kebangsaan dengan tema Moderasi Beragama

user
arie 18 April 2022, 20:27 WIB
untitled

Palembang | Bidang Tiga Fakultas Adab dan Humaniora (Fahum) UIN Raden Fatah Palembang berhasil menyelenggarakan Dialog kebangsaan dengan tema "Memperkokoh Peran Mahasiswa dalam Mewujudkan Moderasi Beragama di Kehidupan Masyarakat". Acara dilaksanakan di ruang Podcast Lt.2 Fahum, pada hari Senin (18/04/2022)

Peniliti moderasi perkotaan Dr. Moh. Syawaludin memaparkqn bahwa moderasi beragama bukan perilaku baru atau originasi sosial tetapi suatu moral bermasyarakat yang dipenuhi attitude dan rasa kedamaian.

Fahum gelar Dialog Kebangsaan dengan tema Moderasi Beragama

"Perspektif milenial dan generasi Z, seperti zihan, tiara, bagas, justru memakai moderasi suatu sikap keseimbangan dan toleran terhadap kehidupan bermasyarakat yang penuh keragaman ini" ujarnya.

Zihan selaku pemateri yang mewakili mahasiswa Politik Islam mengatakan moderasi beragama bukanlah suatu ajaran baru keagamaan atau doktrin keagamaan, tetapi mengenai sosial attitude dan kebaikan moral setiap manusia.

"Oleh karena itu sebagai mahasiswa dan generasi Z, sebaiknya meletakan moderasi sesungguhnya juga sebagai tuntutan kita hidup bermasyarakat" ucapnya.

Menariknya dari diskusi ini menjelaskan bahwa moderasi beragama merupakan warisan kearifan sosial dan kesejukan beragama dalam kehidupan nyata, toleran yang tidak dimaknai tunggal tetapi tetap hidup dalam keyakinan masing-masing pemeluk.

Pembicaraan dalam dialog kebangsaan yaitu Dr. Mohammad Syawaludin selaku peneliti moderasi perkotaan, mahasiswa Fahum diantaranya Zahra dari Duta Budaya, Tiara dari Duta Bahasa, Bagas mahasiswa Politik Islam serta mahasiswa lain yang terlibat didalamnya seperti mahasiswa Ilmu Perpustakaan dan Sejarah aperadaban Islam kegiatan ini dipandu oleh Wafhi selaku fasilitator moderasi nasional. (Mirna)

Credits

Bagikan