BRI Sukseskan Pelatihan Sertifikasi TKDN dan Beri Dukungan Permodalan UMKM

user
Romi Maradona 13 Mei 2023, 10:19 WIB
untitled

Beritamusi.co.id - Di usianya yang ke-43 Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) memperingati Hari Ulang Tahunnya pada 9 Mei 2023 dengan menggelar Pelatihan Sertifikasi TKDN (Tingkat Komponen Dalam Negeri) serta dukungan permodalan bagi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) bersama Kementerian BUMN. Acara pelatihan diikuti oleh 105 pelaku UMKM secara luring dan 200 pelaku UMKM secara daring yang memiliki semangat untuk terus meningkatkan dan mengembangkan kompetensinya serta pengembangan usahanya guna mewujudkan UMKM Naik Kelas. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan peluang kepada UMKM agar terus melakukan peningkatan dan pengembangan produk UMKM.

Dalam mendukung kegiatan tersebut, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI turut berpartisipasi mensukseskan acara yang berlangsung di Sky Lounge Menara BRILiaN, Jakarta. Hadir dalam kesempatan tersebut, Direktur Bisnis Konsumer BRI Handayani yang menyampaikan bahwa kontribusi UMKM semakin penting untuk memenuhi kebutuhan masyarakat sehingga perlu mendapatkan dukungan penuh dari berbagai pihak.

“BRI hadir memberikan pelayanan dalam mendukung program Pemerintah pada aspek Permodalan bagi UMKM. Peranan UMKM dalam memenuhi kebutuhan masyarakat sangat penting sehingga diharapkan dengan adanya pelatihan sertifikasi tersebut semakin melegitimasi kepercayaan masyarakat terhadap UMKM”, ucap Handayani.

Kegiatan pelatihan sertifikasi TKDN dan dukungan permodalan bagi UMKM memberikan peluang untuk meningkatkan kualitas serta memaksimalkan pemakaian produk lokal. Acara yang diselenggarakan secara hybrid tersebut diikuti sebanyak 105 pelaku UMKM secara langsung dan 200 pelaku UMKM lainnya berpartisipasi secara daring. Pelatihan terdiri dari dua sesi, di mana sesi I mengangkat tema mengenai sertifikasi TKDN, sedangkan sesi II para peserta dibekali pengetahuan tentang dukungan permodalan bagi UMKM.

Turut hadir dalam acara ini istri dari Wakil Presiden RI KH. Ma’ruf Amin, yang juga selaku Ketua Umum Dekranas, Hj. Wury Ma’ruf Amin; istri dari Menteri BUMN RI Erick Thohir, selaku Ketua Bidang Pendanaan Dekranas Liza Thohir; Staf Ahli Bidang Keuangan dan Pengembangan UMKM Kementerian BUMN Loto Srinaita Ginting, Direksi tiga BUMN pendukung kegiatan yakni PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk, PT Surveyor Indonesia, dan PT Krakatau Steel; serta pengurus Dekranas dan pejabat Kementerian BUMN lainnya.

Dalam laporan pelaksanaan kegiatannya, Loto Srinaita Ginting menyampaikan, peserta yang hadir telah melalui rangkaian proses tahapan sebelumnya yaitu registrasi, verifikasi, dan beberapa diantaranya yang belum memiliki NIB (Nomor Induk Berusaha) telah mendapatkan pendampingan proses pembuatan NIB. “Kemudian setelah kegiatan ini akan terus dilakukan pendampingan oleh asesor hingga terbitnya sertifikat TKDN yang ditargetkan pada September 2023,” ucap Loto.

Loto melanjutkan, acara ini sebagai aplikasi dari kebijakan pemerintah yang di antaranya Instruksi Presiden Nomor 2 Tahun 2022 tentang percepatan peningkatan penggunaan produk dalam negeri dan produk usaha mikro, usaha kecil, dan koperasi dalam rangka menyukseskan gerakan nasional buatan Indoensi apada pelaksanaan pengadaan barang atau jasa pemerintah. Aturan ini juga menegaskan perlunya merencanakan, mengalokasikan, dan merealisasikan 40% nilai anggaran belanja barang jasa untuk menggunakan produk usaha mikro, usaha kecil, dan koperasi dari hasil produksi dalam negeri.

”Kegiatan ini merupakan bentuk konkrit kementerian BUMN bersama BRI untuk mendorong UMKM naik kelas dalam aspek permodalan serta mendukung rantai pasok produk BUMN. Dalam kegiatan ini turut membantu menyediakan akses pasar bagi para pelaku UMKM dengan konsep Pasar Digital (PaDi) dimana mampu menarik 80.000 Buyer UMKM. Selain itu dalam kegiatan ini diharapkan juga dapat menyedikan dukungan pasar offline dari sarinah, bazar, maupun display di rumah BUMN. Pendampingan untuk pembuatan sertifikasi TKDN juga dilaksanakan guna memberikan pemahaman bagi UMKM dari sisi permodalan sehingga mendapatkan hasil yang optimal,” ucap Loto.

Acara ini tidak hanya dihadiri secara langsung oleh pelaku UMKM dari wilayah Jabodetabek, Cilegon dan Lebak Banten namun terdapat beberapa pelaku UMKM dari beberapa wilayah seperti Jawa Tengah, Jawa Timur, Yogyakarta, bahkan wilayah Sumatera seperti Lampung dan Pekanbaru. Hal ini menunjukkan para pelaku UMKM memiliki semangat yang kuat untuk maju dan berkembang, sehingga perlu terus didukung serta difasilitasi demi terwujudnya UMKM Tangguh Indonesia Maju.

Kredit

Bagikan