BRI Sabet Dua Penghargaan Internasional dari The Asian Bankers

user
Romi Maradona 16 Januari 2023, 14:51 WIB
untitled

Beritamusi.co.id - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk kembali meraih penghargaan bertaraf internasional “The Asian Banker CEO Leadership Achievement for Indonesia Award” yang dinobatkan kepada Direktur Utama BRI Sunarso dan “Best Managed Bank in Indonesia” kepada BRI.

Adapun penghargaan dari The Asian Banker tersebut merupakan program Best CEO & Managed Bank Awards yang diselenggarakan setiap tiga tahun yang difokuskan pada kinerja CEO/chairman dan jajarannya di bidang industri jasa keuangan. Penghargaan bergengsi tersebut menilai kinerja pemimpin lembaga jasa keuangan di kawasan Asia Pasifik, Timur Tengah dan Afrika yang telah dimulai sejak 2004.

Sunarso dinilai mampu memimpin perseroan dengan visi yang kuat, serta dikomunikasikan dengan baik dan mampu menginspirasi tim manajemen. Dengan ketegasan dan leadership yang kuat, dibawah kepemimpinan Sunarso BRI mampu mengatasi kesulitan dan tantangan, ia mampu mendorong kinerja positif perseroan secara berkelanjutan.

Atas capaian tersebut, Sunarso mengungkapkan bahwa penghargaan tersebut didedikasikan untuk Insan BRILian (Pekerja BRI), pihaknya memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada seluruh Insan BRILian yang telah melayani masyarakat, utamanya pelaku usaha sektor UMKM, serta atas kinerja dan kontribusi terbaiknya kepada BRI.

Sunarso bercerita mengenai gaya kepemimpinannya yang menjadi kunci di balik kinerja gemilang BRI. Menurutnya, seorang pemimpin senantiasa harus dapat mengelaborasikan gaya kepemimpinan yang motivatif, inspiratif dan instruktif.

Sebagai leader, Sunarso mengungkapkan bahwa tugas seorang pemimpin adalah untuk memotivasi mereka agar energinya keluar dan memberikan kontribusi terbaik. Selain itu, saya juga perlu untuk memberikan inspirasi agar pekerja bisa memaknai makna di balik pekerjaan yang selama ini dijalani setiap hari. Dan tentu, kadang pihaknya harus bersifat instruktif dengan memberikan instruksi yang jelas untuk mencapai tujuan bersama perusahaan.

Di bawah kepemimpinannya, BRI sebagai bank dengan jaringan terluas di Indonesia mampu menjalankan transformasi secara berkelanjutan. Transformasi difokuskan pada dua aspek utama, yakni digital & culture.  “Kami terus meng-create value baru melalui digitalisasi sehingga muncul business model baru. Di area culture, kami terus arahkan menjadi performance driven culture. Jadi seluruh Insan BRILIaN harus mampu merancang dan merencanakan suksesnya sendiri, tugas perusahaan adalah menyediakan lapangan untuk berkompetisi dan berkarya dengan sehat yang akhirnya semua orang mampu mengeluarkan potensi terbaiknya,” ujar Sunarso.

Inisiatif BRI di bawah kepemimpinan Sunarso menjadikan perseroan mampu melewati masa sulit akibat pandemi COVID-19 dengan kinerja cemerlang. Tidak hanya itu, BRI juga semakin fokus dengan core business di sektor UMKM serta berhasil menciptakan sumber pertumbuhan baru untuk tumbuh secara berkelanjutan.

Strategic response BRI yang tepat dalam mengoptimalisasi kinerja bisnis di tengah gejolak dinamika ekonomi global dan COVID-19 turut menjadi alasan The Asian Banker menobatkan BRI sebagai Best Managed Bank. 

Hal tersebut tercermin dari kinerja BRI Group hingga September 2022 yang mencatatkan laba bersih sebesar Rp39,31 triliun atau melesat 106,14% Year on Year (YoY) dengan total aset meningkat 4,00% yoy menjadi Rp.1.684,60 triliun.

Dari aspek penyaluran kredit, hingga akhir September 2022, total kredit dan pembiayaan BRI Group tercatat sebesar Rp.1.111,48 triliun atau tumbuh 7,92% yoy. Secara khusus, portofolio kredit UMKM BRI tercatat meningkat sebesar 9,83% yoy dari Rp.852,12 triliun di akhir September 2021 menjadi Rp.935,86 triliun di akhir September 2022. Hal ini menjadikan proporsi kredit UMKM dibandingkan total kredit BRI terus meningkat, menjadi sebesar 84,20%.

Sementara itu, Chairman The Asian Banker Future of Finance Summit Advisory Council Alain Chevalier mengungkapkan bahwa Sunarso selama periode penilaian telah memimpin BRI dengan komitmen yang kuat untuk menumbuhkembangkan UMKM.

“Dengan dipertajamnya visi menjadi The Most Valuable Banking Group in Southeast Asia dan Champion of Financial Inclusion 2025, BRI telah menunjukkan komitmen berkelanjutan untuk mendukung sektor UMKM yang telah memberikan kontribusi terhadap ketahanan perekonomian Indonesia. Proporsi pinjaman UMKM BRI pun terus meningkat secara konsisten,” tulis Alain. (Romi/Ril)

Kredit

Bagikan