Optimis Realisasi Pajak di Muba Lampaui Target

user
Romi Maradona 15 Maret 2023, 14:49 WIB
untitled

Beritamusi.co.id - Ribuan masyarakat dan perangkat desa se-Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) memadati halaman depan SD Negeri 2 Ngulak Kecamatan Sanga Desa, Rabu (15/3/2023) siang.
Suasana tersebut rupanya merupakan rangkaian kegiatan Desa Gebyar Sadar Pajak Daerah Kabupaten Musi Banyuasin Tahun 2023.

Pantauan di lokasi tampak Pj Bupati Apriyadi Mahmud memanfaatkan momen tersebut dengan langsung membayar pajak Rumah Dinas (Rumdin) Bupati Muba sebesar Rp45.959.837.

"Kalau tahun 2022 lalu target pendapatan pajak di Muba sebesar Rp90 Miliar dan tembus dengan melampaui target yakni sebesar Rp92 Miliar. Nah, tahun 2023 ini target Rp92 Miliar semoga nantinya juga bisa melampui target lagi," ucap Apriyadi.

Mantan Kepala Bappeda Muba ini mengaku, dirinya sengaja ingin membayar pajak di rangkaian Gebyar Sadar Pajak Muba untuk memberikan contoh kepada masyarakat untuk selalu taat pajak.

"Tadi pajak Rumdin Bupati Muba sudah dibayar sebesar Rp45.959.837. Saya ingin kesadaran kita sebagai WP (Wajib Pajak, baca) terus meningkat, ini semata-mata demi manfaat langsung ke masyarakat dengan pola dari masyarakat untuk masyarakat," tuturnya.

Kandidat Doktor Universitas Sriwijaya ini mengajak, agar sebagai wajib pajak masyarakat harus taat membayar pajak. "Dengan pajak yang dibayar kita akan dapat lebih masif dan maksimal melakukan percepatan pembangunan di daerah yang kita cintai ini," ungkap dia.

Sementara itu, Kepala Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah (BPPRD) Muba Haryadi SE MSi mengaku capaian realisasi pajak Muba yang melampaui target pada tahun 2022 lalu diluar dugaan, hal ini tentu tidak bisa dipisahkan dengan dorongan Pj Bupati Apriyadi Mahmud.

"Alhamdulillah target capaian pajak Muba tahun 2022 melampaui target capai Rp92 Miliar, Terima kasih pak Bupati Apriyadi dan wajib pajak di Muba," ucapnya.

Haryadi mengaku, Kabupaten Muba juga di bawah kepemimpinan Bupati Apriyadi Mahmud berhasil mendorong percepatan pembagian SPPT PBB ke masyarakat yang sudah dilakukan pada Januari 2023 dan menjadi yang tercepat di Sumsel.

"Hari ini saja dalam rangkaian Gebyar Sadar Pajak di Sanga Desa baru beberapa jam dimulai sudah tembus transaksi capai Rp90 Juta, kami optimis capaian pajak di tahun 2023 ini juga akan melampaui target seperti tahun 2022," harapnya.

Lanjutnya, rangkaian Gebyar Sadar Pajak Tahun 2023 sengaja dilaksanakan di Sanga Desa dikarenakan warga di Kecamatan Sanga Desa tercatat memiliki kesadaran tinggi untuk membayar pajak.

"Semoga Kecamatan Sanga Desa menjadi contoh bagi Kecamatan lain untuk taat membayar pajak demi percepatan pembangunan di Kabupaten Muba," tandasnya.

Dalam rangkaian tersebut Pj Bupati Apriyadi Mahmud juga membagikan hadiah berupa uang tunai dengan total puluhan juta rupiah kepada Wajib Pajak yang mendapatkan undian.

Turut hadir dalam rangkaian tersebut Wakil Ketua I DPRD Muba Jon Kenedi, Anggota DPRD Muba Muhammad Yamin, Anggota DPRD Muba Yudi Tri Karya, dan Kepala ATR/BPNĀ Muba Ahmad Aminullah SH MKn.
(Endang S)

Kredit

Bagikan