Buka Palembang PET Festival 2023, Sekda Palembang Photo dengan Ular

user
Romi Maradona 25 Februari 2023, 13:35 WIB
untitled

Beritamusi.co.id - Sekda Kota Palembang, Drs. Ratu Dewa, M. Si, tak menduga sebelumnya, bila di moment pembukaan Palembang PET Festival 2023, Sabtu (25/2/2023) harus berpose dengan sejumlah hewan piaraan.

Sampai-sampai, mantan Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Palembang ini, “dipaksa” harus berfoto dengan ular.

Di dampingi Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Palembang, Ir. H. Sayuti, MM dan beberapa tamu lainnya, Ratu Dewa akhirnya memegang salah satu ekor ular dan foto bersama. Tepuk riuh pun terdengar spontan, usai melakukan foto bersama dengan ular.

Tak hanya dengan ular, alumni Fakultas Ushuluddin IAIN Raden Fatah Palembang ini, harus beberapa kali melakukan foto bersama dengan sejumlah hewan lainnya, seperti anjing.

Khusus untuk kucing, Ratu Dewa sekali lagi diminta oleh para pemelihara untuk menggendong kucingnya dan foto bersama. Di bagian lain, Ratu Dewa juga foto bersama pemelihara ayam pelung dan ayam ketawa, hingga di lokasi pameran penetasan ayam.

Begitulah diantara dari sekian banyak agenda yang dilakukan Sekda Kota Palembang, Drs Ratu Dewa, M.Si, usai menyampaikan sambutan, sekaligus membuka Palembang PET Festival 2023, di Satadion Kamboja, yang sempat vakum selama masa Covid-19, dua tahun lalu.

Dalam sambutannya, Ratu Dewa menjelaskan, semua warga dipastikan memiliki hobi yang berbeda-beda. Ada hobi naik gunung, road race, naik sepeda, arung jeram dan lainnya. Menurut Dewa, hal itu menjadi yang biasa dan manusiawi, termasuk cinta terhadap hewan.

Hewan menurut Ratu Dewa, juga bagian kehidupan yang membutuhkan perhatian dan pemeliharaan dari manusia. Oleh sebab itu, melalui event Palembang PET Festival 2023, Dewa berharap, bisa meningkatkan kepedulian warga di Palembang dalam mememlihara hewan peliharaannya dengan baik. Sebab, hewan juga bagian karunia Tuhan yang wajib dipelihara dan disayangi.

Pada laporannya, Kepala Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Palembang, Ir. H. Sayuti, MM, menjelaskan, acara yang digelar itu merupakan agenda rutin yang sudah dilakukan sebelumnya, baik tingkat lokal maupun nasional.
Khsusus tahun ini, menurut Suyuti, Palembang PET Festival digelar sekaligus dalam rangkaian mengurangi efek rabies di Palembang, yang ditargetkan pada 2024 mendatang, Palembang sudah akan bebas rabies, sebagaimana harapan bersama.

Lebih lanjut, Suyuti menjelaskan, even tahun ini sedikitnya ada ratusan jenis spesies hewan peliharaan, baik burung, kucing, anjing dan hewan reptil yang ada di Stadion Kamboja.

Secara keseluruhan, Suyuti menjelaskan, peserta yang terlibat ada sekitar 2.370-an dengan ragam bentuk dan jenisnya. Rincianannya, dari jenis burung ada 1200 ekor, ayam 600 ekor, hewan reptil 20 ekor, ayam hias 100 ekor, kucing 100 ekor dan anjing 100 ekor.

Space lain yang juga mendukung acara inil menurut Suyuti, hadirnya 40-an Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang mendirikan booth di bagian belakang panggung. Ditambah lagi pameran mesin tetas berjumlah 10 unit, dan siangnya diramaikan lomba mewarnai anak-anak, dengan jumlah peserta 200 orang, terdiri dari perwakilan sejumlah sekolah TK dan SD di Palembang.

Siska, (21), salah satu mahasiswi yang gemar memelihara kucing, saat dibincangi, di lokasi, Sabtu (25/2/2023) mengatakan, sangat senang dengan kontes yang digelar tahun ini. Namun mahasiswi asal Kota Padang ini mengaku menyesal karena tahun ini kucingnya tidak bisa ikut dalam kontes, disebabkan kucingnya sedang tidak sehat.

“Tadinya pengen ikut, tapi syarat hewan yang jadi peserta kan harus sehat. Ternyata sampai hari ini, kucing aku belum sehat nian, masih demam-demam gitu, jadi ya tahun ini aku nggak ikut, cuma nonton kesini,” ujarnya.

Lain halnya dengan Rustandi (44), pemuda penggemar ayam pelung. Hampir setiap tahun, ayam pelung miliknya selalu diikutsertakan dalam kontes, baik di dalam atau luar Palembang.

“Saya hampir setiap ada lomba pasti ikut. Tapi sampai sekarang ayam saya baru juara harapan, belum pernah juara satu. Semoga tahun ini ayam saya dapat juara satu,” harap warga Sako kenten yang juga hobi memelihara burung dara di rumanya.

Acara Palembang PET Festival 2023 ini, sore harinya, akan dilakukan pengumuman para pemenang, sekaligus pembagian hadiah, tropy dan uang pembinaan, kepada para pemenang.

Menandai dibukanya Palembang PET Festival 2023, Ratu Dewa, bersama Kepala Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Palembang, Ir. H. Sayuti, MM, dan jajajarn perwakilan Forkopimda di Palembang melepas burung merpati, secara simbolik, usai memberi sambutan.

Kredit

Bagikan