Kapolres Babar Ingatkan Semua Pihak Proaktif Sukseskan Tahapan Coklit

user
Romi Maradona 24 Februari 2023, 17:51 WIB
untitled

Beritamusi.co.id - Kapolres Bangka Barat, AKBP Catur Prasetyo mengajak semua pihak untuk proaktif untuk sukseskan tahapan pencocokan dan penelitian (Coklit) data pemilih. Hal ini disampaikan AKBP Catur Prasetyo dalam kegiatan rutin Jumat Curhat yang digelar pada Jumat (24/2/23) pagi di Mapolres Bangka Barat.

Kapolres mengatakan hal tersebut, berdasarkan temuannya dalam giat dialog dengan masyarakat dan komunitas politik, yang dilakukannya setiap Jumat pagi.

Namun menurutnya, mitigasi potensi masalah, khususnya terkait coklit tersebut lebih baik terlihat dalam pada saat ini, di mana situasi masih sangat kondusif dan tenang.

“Sebelumnya kami juga telah melaksanakan Jumat Curhat di kantor Bawaslu dan saat ini kita laksanakan bersama dengan KPU serta kawan kawan Parpol. Ternyata dalam ketenangan saat ini sudah mulai muncul potensi permasalahan-permasalahan dalam Pemilu 2024. Namun lebih baik permasalahannya sudah teridentifikasi saat ini, sebelum memasuki masa puncaknya. Artinya masih banyak waktu kita untuk melakukan pembenahan, koreksi termasuk antisipasinya,” jelas Kapolres Bangka Barat kepada wartawan pada acara Jumat Curhat di gedung Catur Prasetya Mapolres Babar.

Dalam kesempatan ini, Kapolres Bangka Barat mengingatkan seluruh pihak, baik itu KPU, Bawaslu termasuk Parpol dan seluruh kader serta simpatisan untuk proaktif, mendatangi Panitia Pendaftaran Pemilihan (Pantarlih) untuk memastikan data dirinya sudah benar.

“Saat ini KPU telah melaksanakan Pencoklitan yang mana tahapan ini Salah satu Penunjang Keberhasilan Pemilu 2024 . Oleh karena itu saya mengajak kepada peserta kegiatan yakni perwakilan parpol peserta Pemilu 2024 untuk mengawal kegiatan Coklit. Jika memang ada kader dan simpatisan parpol yang belum didatangi Pantarlih, segera laporkan kepada pihak Desa atau PPS,” ulas Kapolres.

“Kami berharap Pemilu 2024 dapat berjalan dengan lancar dan damai. Jika pun memang terdapat masalah ke depannya dapat diselesaikan dengan damai,” tambah Kapolres.

Senada dengan Kapolres, Ketua KPU Bangka Barat, Pardi. S.Si pun mengingatkan bahwa Coklit data Pemilu merupakan bagian krusial. Untuk itu dirinya ikut menyarankan bahwa semua pihak diharapkan kesadarannya untuk proaktif memonitor dan mengawal proses ini.

KPU Babar saat ini telah melaksanakan tahapan Coklit. Kita mengerahkan jumlah 570 orang Pantarlih, untuk proyeksi 570 TPS, dengan 300 orang mata pilih pada setiap TPS. Setelah pelaksanaan Coklit nantinya KPU dan jajaran akan melakukan penyusunan daftar pemilih yang kemudian nantinya akan kita format dalam bentuk Daftar Pemilih Sementara atau DPS. Untuk kami mengajak pihak parpol untuk mengawal pelaksanaan Coklit. Jika memang terdapat masyarakat yang belum di Coklit dan tidak masuk dalam pemilih, silahkan laporkan kepada PPK, dan PPS nantinya akan kita lakukan pencoklitan,” kata Ketua KPU dalam acara Jumat Curhat di Gedung Catur Prasetya, Jumat (24/2/23) pagi.

“Tahapan pencoklitan merupakan tahapan krusial dalam Pemilu karena menyangkut pemilih. Yang mana Pihak Parpol akan memanfaatkan celah-celah yang ada dalam pelaksanaan pencoklitan sampai difinalkan dalam Daftar Pemilih Tetap atau DPT,” tutupnya.

Pantauan di tempat kegiatan, Kapolres Babar, AKBP Catur Prasetyo hadir dengan Wakapolres serta sejumlah jajarannya, KPU Babar dan jajarannya, Bawaslu Babar, Kepala Dukcapil dan Kepala Kesbangpol Bangka Barat. Selain itu sejumlah perwakilan Parpol juga hadir dalam acara Jumat Curhat tersebut.

Kredit

Bagikan