Desa Karang Dapo Jadi Desa Percontohan Anti Korupsi

user
Romi Maradona 01 Februari 2023, 20:56 WIB
untitled

Beritamusi.co.id - Desa karang Dapo Kecamatan Peninjauan Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) menjadi salah satu Desa dari tiga Desa di Sumatera Selatan Desa percontohan Desa anti korupsi.

KPK RI melakukan Observasi di Desa tersebut sebelum dilakukan penilaian dan menjadi Desa anti korupsi pertama di sumatera selatan yang akan dilakukan penilaian akhir tahun ini. Rabu (01/02/2023).

Friesmount wongso ketua tim Observasi dari direktorat pembinaan peran serta masyarakat KPK mengungkapkan, di indonesia 11 Desa yang sudah menjadi desa anti korupsi, namun untuk sumatera selatan baru pertama dilakukan penilaian dan diwakili tiga desa dari tiga kabupaten yakni Muara Enim, OKU dan Banyuasin.

"Dari tiga desa ini nanti akan dilakukan penilaian akhir tahun nanti dan akan ditetapkan satu Desa sebagai Desa anti korupsi untuk pertama kali di sumatera selatan," ungkapnya.

Sementara itu Kepala Desa Karang Dapo Martina wati mengungkapkan, di Bulan Agustus Tahun 2022 dari Pemkab OKU, Desa Karang Dapo dan Desa Batu Marta mewakili Kabupaten OKU menjadi nominasi Desa anti korupsi di Sumatra Selatan.

"Pada waktu itu kami dari 11 Desa dari beberapa Kabupaten di Sumatra Selatan, salah satu nya Desa Karang Dapo bisa mewakili Kabupaten OKU untuk menjadi nominasi ke KPK RI, hari team KPK datang ke Desa Karang Dapo untuk melakukan Observasi terkiat kegiatan tersebut," ungkap Martina.

Lanjutnya dikatakan Martina, setelah kami terpilih dari Insfektorat Sumatra Selatan, kami lakukan persiapan segala sesuatu indikator yang di terapkan oleh KPK RI.

"Ada lima indikator yang diterpkan KPK RI yang mencakup di delapan belas indikator, semuanya alhamdulilah semua itu suda ada di Desa karang Dapo, " ujarnya.

Masi kata Martina, semenjak dirinya menjadi Kepala Desa Karang Dapo yang pertama yang harus dilakukan yakni maslah adminitrasi, semua dokomen - dokumen di Desa karang Dapo terdokumentasi dengan baik. Maka dari itulah di tahun 2021 Desa karang Dapo menjadi Desa paling cantik.

Sementara itu Sekertaris Dakerah Kabupaten OKU Achmad Tarmizi berharap, dengan adanya Desa percontohan Desa anti korupsi ini, dapat menjadi Desa rujukan Desa lain untuk tertib administrasi.(HARISON)

Kredit

Bagikan