BEM Fakultas Hukum UBB Gelar Seminar Edukasi Pertambangan

user
Romi Maradona 25 Januari 2023, 18:30 WIB
untitled

Beritamusi.co.id - Guna memberikan edukasi kepada seluruh mahasiswa agar dapat memberikan pengetahuan mengenai pertambangan yang ada di kepulauan Bangka Belitung maupun nasional serta membangun ekosistem pertambangan timah ideal, Fakultas Universitas Bangka Belitung (UBB) menggelar seminar 'Hukum Pertambangan dan Lingkungan Hidup' di ruang video converence fakultas hukum universitas bangka belitung.

Dalam kegiatan ini FH UBB menghadirkan 3 narasumber, yaitu Prof.Joni Emirzon, S.H., M.HUM (Guru Besar FH UNSRI), Dr. Angkasa, S.H., M.HUM (Akademisi FH UNSOED), M. Wirtsa Firdaus, S.E., M.M / Staff PT. TIMAH Tbk.

Gubernur Mahasiswa KM FH Yosua Sandi Rajanta Sembiring mengatakan, kegiatan ini merupakan simbol yang konkrit bahwa BEM KM FH UBB mampu menjadi Badan Eksekutif yang dapat mengupayakan Advokasi dalam menyikapi isu-isu ke daerahan
sampai nasional serta mampu berkolaborasi dengan badan/instansi dan lembaga-lembaga nasional.

Ia juga mengatakan, dengan adanya seminar ini maka diharapkan mahasiswa bisa memahami kegiatan pertambangan di kepulauan Bangka Belitung dan memahami prosedural dari sebuah pertambangan dapat dijalankan.

Sementara itu, M.Wirtsa Firdaus, S.E., M.M selaku pemateri dalam kegiatan tersebut menyampaikan bahwa pulau Bangka ini juga sempat dikatakan sebagai timah yang memulau, ini pula yang menjadi sebuah pemahaman bahwa pulau bangka memiliki kekayaan timah yang sangat banyak sekali.

Bahkan beliau juga mengatakan timah ditemukan pada abad ke-7 dan pertamakali ditambang pada zaman penjajahan belanda. (Ril)

Kredit

Bagikan