Musrenbang Kecamatan, Kali ini Giliran Kecamatan Mesuji Raya OKI

user
Romi Maradona 18 Januari 2023, 20:02 WIB
untitled

Beritamusi.co.id - Seketaris Badan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) Eko Santoso, SE, MM  membuka Musyawarah Rencana Pembangunan tingkat kecamatan "MUSRENBANG" tahun 2023 Untuk tahun anggaran 2024 l, Kali ini, misrenbang di gelar di Kecamatan Mesuji Raya yang dilaksanakan di Aula Kantor Camat Mesuji Raya, Rabu (18/1/2023).

Menurut, Seketaris Badan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) Eko Santoso, SE, MM Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) kecamatan adalah forum musyawarah tahunan para pemangku kepentingan ditingkat kecamatan untuk mendapatkan masukan mengenai kegiatan prioritas pembangunan di wilayah kecamatan terkait yang didasarkan pada masukan dari hasil Musrenbang desa, serta menyepakati rencana kegiatan lintas desa di kecamatan dan Masukan itu sekaligus sebagai dasar penyusunan Rencana Pembangunan Kecamatan yang akan diajukan kepada SKPD yang berwewenang sebagai dasar penyusunan Rencana Kerja Satuan Kerja Perangkat Daerah pada tahun berikutnya.

Dia menyampaikan, musrenbang yang dilaksanakan pada hari ini hakikatnya untuk membahas dan menyepakati secara objektif hasil-hasil Musrenbang pada tingkat desa yang akan menjadi usulan prioritas pemerintah di wilayah Kabupaten.

Sementara Camat Mesuji Raya Yulian Syahri, SP dalam laporannya menyampaikan bahwa pelaksanaan Musrenbang pada hari ini adalah lanjutan proses Musrenbang di masing-masing desa yang telah dilaksanakan sebelumnya.

“Keterlibatan atau partisipasi semua pihak sangat mempengaruhi keberhasilan pencapaian pelaksanaan program pembangunan. Partisipasi semua pihak dimulai dari proses perencanaan, pelaksanaan pembangunan itu sendiri, bahkan lebih jauh lagi adanya partisipasi dalam memelihara hasil-hasil pembangunan,” ungkapnya.

Dalam Musrenbang, telah disampaikan beberapa usulan dan saran kepada Pemerintah Kabupaten OKI terkait program prioritas yang di antaranya yaitu:
1. Pembangunan jalan C1-SKPD di desa Sumbu Sari
2. Drainase jalan akses tol 1 Km di desa Kemang Indah
3. Rehab pasar di desa Kertamukti
4. Normalisasi sungai di desa Embacang
5. Jalan jembatan penghubung dari embacang ke Balian
6. Pemanfaatan lahan persawahan di Embacang
7. Rehab rumah dinas SD di desa Balian
8. Pengecoran jalan poros Sumbu Sari - Cipta Sari sepanjang 2 Km

Kredit

Bagikan