TP PKK OKU Siap Sinergi dengan Program Sumsel Mandiri Pangan

user
Romi Maradona 17 Januari 2023, 17:46 WIB
untitled

Beritamusi.co.id - Pj Ketua TP PKK Kabupaten OKU Hj Zwesty Karenia Teddy menyambut positif tantangan dari Pj Bupati OKU H Teddy Meilwansyah SSTP MM MPd untuk membuat program yang disinergikan dengan Sumsel Mandiri Pangan, Penanganan Satunting dan Pengendalian Inflasi Daerah.

"Tentunya kita sangat menyambut tantangan program dari pembina TP PKK OKU yakni bapak Pj Bupati OKU," kata wanita yang akrab disapa Reni ini.

Dikatakan Reni, TP PKK OKU telah melakukan program tentang kemandirian pangan yang diberi nama HATINYA PKK, program ini telah lama di buat dan diperkuat dengan program Gubernur Sumsel H Herman Deru yakni Sumsel Mandiri Pangan."Untuk itu kita akan lebih bersinergi lagi dengan Pemkab OKU untuk meningkatkan kembali program ini," ujarnya.

TP PKK OKU lanjutnya akan turun langsung ke Kecamatan dan Kedesa-desa untuk melakukan pembinaan serta akan memaksimalkan prgram Hatinya PKK dengan memanfaatkan lahan kosong dan pekarangan rumah untuk dijadikan tempat media tanam. "Kita juga akan memberikan bantuan bibit tanaman kepada masyarakat sehingga tanaman ini nanti bisa ditanam dipekarangan rumah seperti sayuran, cabe, tomat dan lainnya," imbuhnya.

Selain itu TP PKK OKU akan bekerjasama dengan Dinas Pertanian dan Dinas Peternakan untuk memberikan bibit ikan dan penyehatan hewan ternak masyarakat. "Yang paling utama kita akan melakukan kerjasama dengan Kelompok Wanita Tani (KWT) didesa-desa," tukasnya.

Sedangkan untuk program pengandalian Inflasi Reni mengatakan TP PKK OKU akan bekerjasama dengan dinas Instansi terkait terutama Dinas Koperasi OKU untuk melakukan pembinaan ke UMKM serta pengrajin kerajinan. "Kita lakukan pembinaan terhadap UMKM dan produk kerajinan yang bisa dipasarkan," imbuhnya.

Kemudian untuk Stunting di OKU dikatakan Reni, TP PKK OKU akan bekerjasama dengan Posyandu di Kecamatan dan Desa. Serta melakukan aksi gizi memberikan makanan bergizi kepada anak-anak dan ibu hamil. "Kita akan arahkan dan berikan bantuan makanan bergizi kepada anak-anak dan ibu hamil yang makannya bukan instan atau dari pabrik, tapi makanan bergizi dengan kearifan lokal yang ada di OKU," katanya.

Pada tahun 2022 kemarin lanjut Reni, TP PKK OKU telah membuat desa binaan yang jadi percontohan yakni Desa Marta Jaya Kecamatan Lubuk Raja, bahkan Desa ini berhasil meraih juara dalam loba TP PKK dan KB tingkat provinsi. "Kalau tahun ini kita akak buat kembali Desa binaan di kecamatan Semidang Aji yakni Desa Ulak Pandan," tandasnya. (HARISON)

Kredit

Bagikan