Bangun Ratusan Meter Irigasi Ini Harapan Bupati Lahat

user
Romi Maradona 16 Januari 2023, 16:59 WIB
untitled

Beritamusi.co.id - Bupati Lahat, Cik Ujang, SH terus berupaya mendorong agar hasil panen padi petani semakin membaik. Tak saja akan berperan bagi pembangunan namun juga akan berimbas pada kesejahteraan masyarakat. Salah satu upaya yang dilakukan yakni pembangunan saluran irigasi.

"Kalau hasil panen petani bagus tentu warga sejahtera. Tentu berimbas juga bagi pembangunan di Lahat. Belum lagi ikut dalam menjaga ketananan pangan,"ujar Bupati Lahat saat mengecek pembangunan irigasi di areal persawahan di Desa Perangai, Kecamatan Merapi Selatan, Kabupaten Lahat.

Irigasi yang dibangunan sendiri sepanjang 800 meter dan berfungsi mengaliri ratusan hektar sawah. Keberadaan irigasi tersebut sangat vital bagi warga setempat. Ditambahkan Cik Ujang, irigasi yang 100 persen dibangun menggunakan dana anggaran pendapatan belanja daerah (APBD), mampu membantu petani menggarap sawah lebih giat lagi.

"Di areal Merapi Selatan ini, penduduknya bertani dan berkebun, sehingga pengairan paling diutamakan membasahi seluruh hamparan sawah yang luas ini,” jelasnya.

Cik Ujang mengemukakan, kepada pemerintah desa (Pemdes) Perangai, agar sekiranya bersama-sama dengan masyarakat bisa menjaga bangunan tersebut sehingga terpelihara. "Dengan begitu, akan memberikan kemudahan bagi petani kedepannya dikarenakan air yang bersumber dari sungai bisa terus mengaliri sawah," harapnya.

Kepala Desa (Kades) Perangai, Sarial Edwin mengemukakan, untuk saluran irigasi sejauh ini tidak ada persoalan lagi, semuanya telah selesai dikerjakan. "Dengan irigasi tersebut saat ini areal persawahan tidak kekurangan menerima air. Warga optimis kedepan hasil panen akan lebih baik, "ujarnya.(sfr)

Kredit

Bagikan