Jaga Ekosistem Sungai, Pemdes Lumpatan II Tebar 10.000 Benih Ikan

user
Romi Maradona 09 Desember 2022, 19:38 WIB
untitled

Beritamusi.co.id - Pemerintah Desa (Pemdes) Lumpatan II menebar ribuan Beni ikan gabus di sungai dua dan pematang pelai dalam wilayah Desa Lumpatan II, Kegiatan ini dilaksanakan sebagai upaya menjaga kelestarian sungai dan menambah populasi Ikan di perairan sungai di Desa Lumpatan II Kecamatan Sekayu Kabupaten Musi Banyuasin, Jumat (9/12/22).

M. Zazili Mustopa Kepala Desa Lumpatan II mengatakan, kegiatan ini merupakan upaya untuk menjaga pupulasi ikan sungai dalam wilayah Desa Lumpatan II, dimana Desa Lumpatan II memiliki aset puluhan sungai yang di kelolah melalui mekanisme lelang setiap tahunnya.

"Hari ini kita menebar 10ribu beni ikan dan ini merupakan program Realisasi hasil Pendapatan Asli Desa (PAD) melalui lelang lebak lebung dan tanah nyurung tahun anggaran 2022,"ucapnya.

Dirinya juga mengimbau kepada masyarakat untuk tidak melakukan aksi ilegal Fishing yang kerap menjarah ikan dengan setrum yang telah mengancam ekosistem sungai khususnya habitat ikan sungai musi yang kaya akan jenis ikan, Maraknya pencurian ikan dengan setrum juga mengancam keberlangsungan hidup para nelayan selaku pengemil sungai di masa mendatang.

Ketua Bpd Endang Saputra juga mengimbau kepada seluruh masyarakat Desa untuk bersama-sama menjaga kelesestarian sungai yang telah menjadi budaya Beikan-ikan agar tetap lestari dan terjaga sampai anak cucu kelak.

Kredit

Bagikan