Riezky Aprilia Akan Terus Perjuangkan Nasib Petani Sawit

user
Romi Maradona 29 November 2022, 18:33 WIB
untitled

Beritamusi.co.id - Riezky Aprilia, anggota DPR RI mengklaim bahwa dirinya akan terus memperjuangkan hak dan kepentingan petani kelapa sawit katanya pada acara Indonesian Palm Oil Smallholders Conferences & Expo yang kedua tahun 2022 (2nd IPOSC & Expo 2022) di Palembang, Selasa (29/11/2022).

Menurutnya, harus ada solusi terbaik untuk perkebunan sawit terutama dalam program Peremajaan Sawit Rakyat (PSR), Sarpras, harga Tandan Buah Segar (TBS) Sawit, serta lainnya.

“Kebijakannya ini yang harus kita evaluasi, pihak perusahaan kita butuhkan tapi bagaimana dampak ke masyarakat juga harus kita pikirkan, masyarakat itu permintaannya sederhana hanya harga sawit bisa tinggi dan stabil,” katanya.

Lebih lanjut Anggota DPR RI Dapil Sumsel yang kini duduk di komisi IV tersebut menuturkan dirinya membutuhkan rekomendasi yang tepat mengenai kendala-kendala yang dihadapi petani kelapa sawit saat ini, sehingga tatkala disampaikan ke rapat siding DPR atau pemerintah bisa menjadi acuan yang valid.

“Jadi saya dianggap tidak asal ngomong, tapi ada sumbernya yang berasal dari petani,” katanya.

Saat ini diakui Riezky, banyak petani karet di Sumatera Selatan mulai tergiur untuk membudidayakan kelapa sawit, lantaran harga sawit dianggap cukup tinggi dibandingkan karet, namun dirinya khawatir bila tidak ada kebijakan yang tepat mengenai harga, tatkala petani itu telah menkonversi karetnya menjadi sawit justru harga sawit malah melorot.

“Sebab itu saya harapkan pemerintah bisa komit dan konsisten dalam upaya pengembangan sawit rakyat, sebab itu rekomendasi dari lapangan sangat dibutuhkan guna membuat kebijakan yang tepat bagi petani sawit,” katanya (Musyanto)

Kredit

Bagikan