Jelang Akhir Tahun, PKH di Kabupaten Mura Segera Disalurkan

user
Romi Maradona 24 November 2022, 15:18 WIB
untitled

Beritamusi.co.id - Kabar gembira bagi Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan (PKH) di Kabupaten Musi Rawas ( Mura), pasalnya menjelang akhir tahun, bantuan yang mereka nanti-nantikan mulai disalurkan oleh Kementerian Sosial.

Hal itu di sampaikan Koordinator Pendamping Program Keluarga Harapan (PKH) Mura Dede Noveransa  saat di hubungi Beritamusi.co.id Kamis (24/11/2022)

Menurut Dede saat ini pihaknya sudah menerima data bayar KPM PKH sebanyak 21.782 dan sudah mulai di salurkan melalui kantor POS sejak tanggal 22 November 2022.

“Untuk jumlah yang sudah kami terima data bayarnya ada, 21.782 KPM PKH,dimana tahap penyalurannya berbeda dengan tahap sebelumnya yang disalurkan melalui Bank Himbara, pada tahap 4 ini bantuan PKH disalurkan melalui PT POS. Kerjasama antara Kementerian Sosial dengan PT POS,” Jelasnya

Kemudian terkait besaran dana PKH yang diterima oleh masing – masing KPM, Dede menuturkan terdapat 7 kriteria penerima dana PKH yang besarannya beragam dan setiap Anggota Rumah Tangga ( ART ) yang dimiliki KPM sudah tertera nominal dana yang akan diterimanya.

“Jumlah dana yang diterima oleh KPM PKH nantinya Beragam, itu di sesuaikan dengan indeks komponen keluarga yang ada di KPM, Kategori Ibu Hamil atau Nifas Rp3 juta per tahun, Kategri Anak Usia Dini Rp3 juta per tahun, Kategori Lansia Rp2,4 juta per tahun,Kategori Penyandang Disabilitas Rp2,4 juta per tahun,Kategori Anak SD Rp900.000 per tahun, Kategori Anak SMP Rp1,5 juta per tahun, Kategori Anak SMA Rp2 juta per tahun dan pencairannya per tahun 4 kali setiap 3 bulan per tahap,” Terangnya.

Dirinya menambahkan, untuk informasi terkait ART yang masuk kedalam kriteria penerima dapat di peroleh KPM PKH melalui sistem aplikasi siksng atau melalui pendamping PKH, dan jika besaran dana yang diterima nantinya tidak sesuai nominalnya maka KPM PKH bisa lapor ke pendamping PKH masing - masing untuk dilakukan cek atau entri ulang.

“Pendamping PKH selalu mengadakan kegiatan Pertemuan Peningkatan Kemampuan Keluarga (P2K2) yang dilakukan pendamping untuk menghimpun data dan melakukan edukasi ke KPM PKH setiap bulannya sehingga apapun permasalahan yang menyangkut KPM PKH dapat disampaikan disitu,” Pungkasnya (Musyanto)

Kredit

Bagikan