59 Anak di Lahat Didorong untuk Jadi Pelopor Pemenuhan Hak Anak

user
Romi Maradona 21 November 2022, 17:52 WIB
untitled

Beritamusi.co.id - Sebanyak 59 anak mewakili pelajar tingkat SMP, SMA dan SMK di Kota Lahat, dikukuhkan dalam kepengurusan Forum Anak Kabupaten Lahat periode 2022-2024, Senin (21/11/2022). Tujuannya sebagai wadah bagi anak di Kabupaten Lahat, untuk berpartisipasi secara ferbal dan fisik dalam pembangunan.

Forum ini juga sekaligus menjadi wadah yang berfungsi untuk menampung aspirasi anak-anak. Wakil Bupati Lahat, Haryanto SE MM MBA mengatakan, keberadaan Forum Anak ini diharapkan jadi jembatan antara pemerintah daerah dan anak khususnya dalam pembangunan.

Sekaligus jadi wadah untuk sama-sama meningkatkan kapasitas, pemahaman, pengetahuan, kesadaran, dan perannya sebagai pelopor dan pelapor (2P) pemenuhan hak anak.

"Kalau sudah usia diatas 18 tahun, artinya sudah bukan anak-anak lagi. Kepada anak-anak yang baru dikukuhkan, jadilah pelopor dan pelapor pemenuhan hak anak di Kabupaten Lahat. Ajak anak-anak yang lain untuk berbuat baik dan berpikir positif," kata Haryanto.

Sementara, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Kabupaten Lahat, Hj Nurlela SAg menerangkan, tujuan dikukuhkannya kepengurusan Forum Anak ini, untuk membentuk generasi muda beriman berinovasi, kreatif mandiri, berikan ruang anak berpartisipasi dalam pembangunan. Anak-anak yangdikukuhkan ini sebelumnya sudah melalui tahap seleksi, mulai dari administrasi dan seleksi evaluasi melalui wawancara di Aula Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Beppeda) Lahat pada Kamis (10/11/2022) lalu.

"Kita berharap semoga keberadaan forum ini bisa menjadi wadah bagi anak-anak untuk mengeluarkan pendapatnya. Mereka adalah aset, di mana 20 atau 30 tahun ke depan, akan menggantikan generasi saat ini," terangnya.

Di sisi lain, Ariel Akbar AF, Ketua Forum Anak Kabupaten Lahat menuturkan, dirinya mewakili seluruh kepengurusan, berterimakasih dan merasa terhormat telah dikukuhkan dalam Forum Anak Kabupaten Lahat. Tentunya tugas Forum Anak tidaklah mudah, karena itu ia berharap kerjasama seluruh pengurus terus terjalin erat.

"Kami terpilih sebagai pengurus, bukan karena terpandai atupun tebaik, masih ada yang lebih dari kami. Kami akan bekerja semasimal mungkin untuk menjalankan apa yang jadi tugas ke depan. Terutama untuk menampung aspirasi anak, juga jadi pelopor dan pelapor pemenuhan hak anak," tutur Ariel, didampingi Wakil Ketua II, Cyra Athafa Shafania.

Dalam pengukuhan itu, dihadiri juga Ketua TP PKK Kabupaten Lahat, Lidyawati Cik Ujang, Ketua GOW Lahat, Hj Sumiati Haryanto, Ketua DPRD Lahat, Fitrizal Homizi dan sejumlah undangan lain. (Safitri)

Kredit

Bagikan