Sekolah Jurnalistik IJTI Babel, Peserta Dibekali Teknik Dasar Menulis Berita

user
Romi Maradona 07 November 2022, 10:40 WIB
untitled

Beritamusi.co.id - Sekolah Jurnalistik Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) Pengurus Daerah (Pengda) Bangka Belitung (Babel) kembali dilaksanakan, Sabtu (5/11/2022). Di pekan kedua ini, para peserta dibekali materi dasar-dasar menulis berita online, televisi dan radio.

Materi diberikan tiga orang anggota IJTI Pengda Babel yakni Meri Yanti jurnalis Antara TV, Haryanto dari iNews TV dan Irwan Aulia Rahman jurnalis Net TV.

Pengurus IJTI Pengda Babel Irwan mengatakan, pokok materi yang disampaikan yakin teknik dasar-dasar jurnalistik, dasar-dasar produksi berita televisi dan radio serta dasar-dasar menulis berita online.

"Materi yang saya sampaikan tadi supaya peserta memahami dan mengaplikasikan bagaimana membuat tulisan jurnalistik secara basic dengan unsur 5W+1H. Peserta diajari juga cara membuat berita peristiwa dan feature," kata Irwan.

Kemudian tutur Irwan, pada materi dasar produksi berita televisi dan radio, peserta dibekali cara menulis naskah berita televisi sesuai video pendukung dan menyusun naskah berita untuk radio.

"Lalu ada materi bagaimana membuat berita online. Kami ajari mereka teknik menulis berita online dengan cepat dan singkat dengan memenuhi unsur 5W+1H, karena berita online beradu dengan waktu," ujarnya.

Harapannya, para peserta dapat memahami dan bisa menulis prodak berita sesuai kaidah-kaidah jurnalistik.

"Kami ajarin secara bertahap dengan sistem teori lalu praktik membuat berita produk jurnalistik," ucap Irwan.

Bagi peserta, Sekolah Jurnalistik tersebut menjadi bekal dasar untuk menjadi jurnalis profesional masa depan.

"Alhamdulillah banyak yang didapat hari ini, seperti mengenal cara menulis berita online, televisi dan radio. Ini baru awal dan masih banyak lagi yang perlu dipelajari," kata satu diantara peserta, Lefa.

Sekolah Jurnalistik IJTI Pengda Babel, dilaksanakan selama enam pekan, dimana pertemuan dilakukan setiap hari Sabtu. Kegiatan yang dimulai 29 Oktober akan berakhir pada 3 Desember 2022.

Pekan ke tiga, kembalikan dilaksanakan pada tanggal 12 November dengan materi riset dan wishlist serta teknik wawancara satu kamera. (Nanda)

Kredit

Bagikan