Curah Hujan Tinggi, OKI Diminta Waspada Banjir dan Tanah Longsor

user
Romi Maradona 27 Oktober 2022, 21:02 WIB
untitled

Beritamusi.co.id - Badan Meteologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kelas 1 Sumatera Selatan memperingatkan, bahwasannya wilayah Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) terdapat indikasi potensi curah hujan tinggi dengan status waspada, berdasarkan model prakiraan probabilistik. Hal ini diungkapkan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Listiadi Martin ditemui diruang kerjanya, Kamis (27/10)

"Peringatan tersebut tertuang dalam surat edaran BMKG Sumsel, perihal peringatan dini potensi curah hujan tinggi yang akan terjadi puncaknya pada dua bulan kedepan Nopember hingga Desember," tegas Listiadi.

Dikatakan Listiadi, informasi sekaligus rekomendasi BMKG ini kita jadikan kewaspadaan, juga akan kita tindaklanjuti dengan berbagai upaya yang telah kita persiapkan dalam mengantisipasi berbagai potensi kerawanan bencana alam di wilayah OKI.

"Diperlukan kesiapsiagaan warga sekaligus melakukan mitigasi dampak ikutan dari curah hujan tinggi, seperti membenahi sanitasi maupun sejumlah aliran air yang tidak lancar dan melakukan imbauan kebersihan sungai dan lingkungan," terangnya.

Ditambahkan Listiadi, BPBD OKI telah melakukan pemetaan daerah rawan banjir dan tanah longsor diantaranya, Lempuing, Jejawi, Kayuagung dan Mesuji Raya.

"Berharap masyarakat lebih waspada dan semoga bencana alam jangan sampai terjadi di Kabupaten OKI," harapnya.(Romi)

Kredit

Bagikan