Kepengurusan DPD Apkasindo OKU Resmi Dilantik

user
Romi Maradona 25 Oktober 2022, 18:35 WIB
untitled

Beritamusi.co.id - Kepengurusan DPD Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia (Apkasindo) Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) periode tahun 2022-2027, hari ini telah resmi dilantik. Pelantikan tersebut diselenggarakan di Pendopo Rumah Dinas Bupati Kabupaten OKU, Baturaja, Selasa (25/10/22).

Ketua DPD Apkasindo Kabupaten OKU yang baru saja dilantik, Suharman dalam sambutannya mengatakan, dengan keberadaan Apkasindo OKU, pihaknya dapat membantu Pemerintah dalam mendorong kelancaran penyediaan pasokan minyak kelapa sawit dari sisi hulunya.

Yang mana diketahui, lanjut Suharman, bahwa eksportir minyak kelapa sawit merupakan penyumbang devisa terbesar dalam neraca perdagangan luar negeri dibandingkan komoditi ekspor-ekspor yang lainnya.

"Kami yang terlibat dalam penyediaan minyak kelapa sawit ini, selain perusahaan perusahaan perkebunan yang sudah mapan, juga tidak kalah penting adalah keterlibatan para petani kelapa sawit, baik plasma maupun swadaya," katanya.

Lanjutnya, saat ini DPW Apkasindo telah hadir di 22 Provinsi dan untuk DPW Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) terdapat 17 kabupaten/kota yang secara bertahap akan dibentuk DPD-DPD sesuai tugas dan fungsinya.

"Apkasindo hadir memberikan pendampingan kepada para petani kelapa sawit, baik dari sisi teknis pengelolaan kebun, pembibitan, pendistribusian sampai kepada penjualan hasilnya," ungkapnya.

Dikatakan Suharman, pihaknya mengenal TBS (tandan buah segar) yang erat kaitannya dengan hasil para petani kelapa sawit yang sehari-hari mereka geluti, yang saat ini masih dikeluhkan mereka karena belum memadainya harga TBS yang jelas dan menjadi acuan para petani, sehingga tidak jarang para petani merasa selalu dirugikan.

"Tak kalah pentingnya adalah masih banyaknya permasalahan yang dihadapi oleh para petani kelapa sawit terkait dengan tata kelola kebun dan lahan. Khususnya terkait dengan kerjasama kemitraan," sambungnya.

Suherman juga mengatakan, Apkasindo ini hadir memberikan pendampingan advokasi dalam membantu membela hak petani kelapa sawit yang terzolimi.

"Dalam pelaksanaannya, pengurus Apkasindo tentu punya prosedur dan SOP, harus ada permintaan atau permohonan dari petani pemilik lahan kepada Apkasindo sebagai acuan Tim Apkasindo bergerak dalam memberikan pendampingan," bebernya.

Sementara itu, Ketua DPW Apkasindo Provinsi Sumsel, H Slamet Somosentono SH mengucapkan selamat atas kepengurusan yang baru saja dilantik. Yang mana secara konstitusi kepengurusan ini adalah pemegang tabuk pimpinan dan kepercayaan anggota-anggota petani kelapa sawit yang tersebar di Wilayah OKU.

"Dengan hadirnya Apkasindo di Kabupaten OKU ini, para petani kelapa sawit dapat menerima hasil sesuai yang mereka harapkan," kata H Slamet yang juga Wakil Bupati Banyuasin itu.

Ia berharap, semoga keberanian dan motivasi Apkasindo OKU dapat terwujud. Serta masalah-masalah yang dihadapi tahun kemarin dapat terselesaikan.(HARISON)

Kredit

Bagikan