Cik Ujang Ajak Warga Gelorakan Semangat Gotong Royong

user
Romi Maradona 25 Oktober 2022, 18:01 WIB
untitled

Beritamusi.co.id - Tak bisa dipungkiri, jika gotong royong mulai mengikis di tengah masyarakat, hal ini tidak lepas dari dampak kemajuan zaman. Kondisi ini sangat disayangkan Bupati Lahat, Cik Ujang, SH.

Terlebih banyak sekali manfaat gotong royong salah satunya untuk menjaga silaturahmi dan kekompakan di tengah masyarakat. "Ya saat ini terus kita gelorakan. Kita ajak masyarakat untuk kembali bergotong royong misalnya dalam menjaga kebersihan lingkungan, membenahi fasilitas bersama yang rusak termasuk membantu jika ada warga yang membutuhkan," katanya saat bergotong royong bersama warga, Selasa (25/10/2022).

Tak hanya itu, disampaikan Cik Ujang, budaya gotong royong merupakan peninggalan nenek moyang yang harus dijaga dan dipertahankan. Warisan ini katanya, jangan sampai lenyap akibat digerus zaman. "Warisan ini harus selalu kita wariskan kepada anak cucu kita," ujarnya.

Yakinlah, kata Cik Ujang, dengan gotong royong akan memudahkan dan meringankan pekerjaan bersama. Misalnya, membuka jalan, atau membersihkan tanah longsor, atau membantu warga yang kena musibah.

"Nah, jika dikerjakan sendiri tentu tidak akan bisa. Harus bersama sama. Apalagi jika yang dilakukan dalam gotong royong itu untuk kepentingan bersama artinya menikmatinya juga bersama-sama. Tali persaudaraan juga akan terjaga. Saya kagum jika melihat masyarakat itu kompak, apalagi misalnya ada warga yang kena musibah kemudian warga di sekitarnya membantu seperti saat ada kebakaran di mana warga berjibaku membantu memadamkan api kemudian bahu-membahu memberikan bantuan dan memperbaiki rumah," pungkasnya. (Safitri)

Kredit

Bagikan