Maksimalkan Potensi Atlet Lokal Lewat Iklim Kompetisi

user
Romi Maradona 25 Oktober 2022, 01:00 WIB
untitled

Beritamusi.co.id - Melalui iklim kompetisi yang baik, peluang untuk mendapatkan bibit atlet potensial tentu akan semakin meningkat. Hal tersebut yang jadi dasar dilaksanakannya Semi Open Turnamen Volley Ball Pj. Bupati Musi Banyuasin Cup Tahun 2022 di Kecamatan Sungai Lilin.

Turnamen yang sudah berlangsung kurang lebih selama satu bulan ini ditutup secara langsung oleh Pj Bupati Muba Drs H Apriyadi MSi, bertempat di Lapangan Bola Voli Desa Mulyo Rejo (B4) Kecamatan Sungai Lilin, Senin (24/10/2022).

Pj Bupati Muba mengatakan, berbagai upaya dilakukan oleh Pemkab Muba untuk meningkatkan aspek regenerasi atlet olahraga di Bumi Serasan Sekate.

"Banyak atlet kita yang punya kompetensi untuk bersaing di level tinggi. Maka dari itu, lewat turnamen ini diharapkan potensi tersebut bisa lebih dimaksimalkan sebaik-baiknya,” cetusnya.

Selain itu, ada misi lain yang diusung PJ Bupati Muba, yakni lewat olahraga, dirinya berpendapat kalau kenakalan remaja bisa ditekan karena fokus dan tenaga generasi muda bisa dialihkan ke kegiatan yang positif dan produktif.

"Anak muda harus cinta olahraga. Dengan berolahraga, tubuh bisa jadi sehat. Selain itu kenakalan remaja atau penyalahgunaan narkoba bisa diminimalisir dan bahkan diberantas,” tegasnya.

Namun mantan Sekda Muba ini menekankan agar turnamen bola voli ini dilaksanakan dengan semangat sporitivitas oleh seluruh peserta.

“Menang memang penting, tapi yang paling utama dari semuanya adalah jiwa sportif,” pesan Pj Bupati Muba.

Lokasi diadakannya turnamen bola voli di Desa Mulyo Rejo ini juga jadi perhatian PJ Bupati Muba. Ia menyebutkan pada tahun 2023 melalui dana APBD tribun lapangan voli tersebut akan ditingkatkan, dan pada tahun 2024 mendatang akan direhab kembali menjadi lapangan voli indoor.

Sementara Ketua Panitia Turnamen Bola Voli Suyanto, menerangkan kalau kompetisi ini telah berlangsung sejak 25 September - 24 Oktober 2022, diikuti oleh sebanyak 48 tim putra dan 27 tim putri berasal dari dalam dan luar kabupaten.

Ia mengatakan, 4 tim terbaik akan mendapat hadiah yaitu untuk putra juara pertama memperoleh trofi dan uang pembinaan senilai 8 juta rupiah. Kemudian juara 2 mendapat trofi dan uang pembinaan sebesar 6 juta rupiah, juara ketiga 4 juta rupiah dan juara 4 berhak diganjar trofi dan uang pembinaan sejumlah 2 juta rupiah. Sementara tim putri juara satu, 6 juta rupiah juara kedua 4 juta rupiah, ketiga juta juara 4 rupiah dan juara empat 2 juta.

"Harapan kami semoga tribun lapangan voli kita ini bisa dibangun hingga tahun berikutnya bisa menjadi lapangan voli indoor," pungkasnya.

Turut hadir, Dandim 0401 Muba Letkol Arh Dede Sudrajat SH, Anggota DPRD Muba Sumarno, Kadispopar Muba M Fariz SSTP MM, Ketua Pemcab PBSI Muba Firdaus, Camat Sungai Lilin Agus Kurniawan SIP MSi dan Kades Mulyo Rejo Sumardi. (Endang S)

Kredit

Bagikan