Pemkab Muba Tindaklanjuti Instruksi Presiden Jokowi untuk Jaga Ketahanan Pangan

user
Romi Maradona 20 Oktober 2022, 14:07 WIB
untitled

Beritamusi.co.id - Tindaklanjuti Program Ketahanan pangan sesuai instruksi Presiden Jokowi, Pemkab Musi Banyuasin Berkolaborasi dengan Kodim 0401 menjalankan program penanaman jagung di Kabupaten Musi Banyuasin. Usai dilakukan penanaman sejak Juli lalu, akhirnya Tanaman Jagung hasil kolaborasi Kodim 0401 Muba bersama Pemkab Muba dilakukan panen perdana di Pendopo Pal 11 Kecamatan Sekayu yang dilaksanakan langsung oleh Pj Bupati H Apriyadi bersama Ketua TP PKK Muba Hj Asna Aini Apriyadi dan Kodim 0401 Muba, Kamis (20/10/2022).

"Tiga bulan ditanam jagung yang ditanam sejak 12 Juli lalu berhasil tumbuh subur dan berkualitas, ini bukti lahan di Muba sangat baik untuk menjaga ketahanan pangan," ungkap Pj Bupati H Apriyadi.

Dijelaskannya, program penanaman jagung ini Dalam Rangka Serbuan Teritorial di Wilayah Kodim 0401 / Musi Banyuasin. "Ini juga program yang sangat selaras dengan apa yang di instruksikan bapak Presiden RI dan juga menjalankan Gerakan Sumsel Mandiri Pangan," terangnya.

Lanjutnya, pengolahan jagung di Muba juga dimanfaatkan untuk pakan ternak serta pengolahan menjadi tepung. "Sangat banyak manfaatnya, ini akan terus kita maksimalkan," urainya.

Sementara itu Dandim 0401 Muba Letkol Arm Dede Sudrajat SH, diwakili oleh Kasdim 0401 Muba Mayor Inf Agus Sutono mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Kabupaten Muba dan instansi terkait yang telah membantu melakukan kegiatan tersebut sehingga berjalan baik hingga proses panen.

Dikatakannya jagung tersebut ditanam pada Juli 2022 seluas 4 hektar, dengan hasil 9,1 ton/Hektar. Jagung merupakan komoditas penting, mengingat pangan itu merupakan kebutuhan dasar masyarakat.

"Dalam pelaksanaannya Kodim 0401bekerjasama dengan Dinas TPHP Muba melaksanakan dengan memanfaatkan SDM dan SDA dengan efektif dan berkelanjutan, untuk membantu program pemerintah dalam rangka ketahanan pangan nasional dan daerah, serta meningkatkan kemanunggalan TNI," pungkasnya. (Endang S)

Kredit

Bagikan