Pemkab Lahat Tebar Ribuan Tanaman Serai Wangi

user
Romi Maradona 19 Oktober 2022, 19:22 WIB
untitled

Beritamusi.co.id - Dinas Perkebunan Kabupaten Lahat mulai menggalakkan tanaman Serai Wangi di sejumlah desa di Kabupaten Lahat.

Ada 91 ribu rumpun Serai Wangi, yang diserahkan langsung oleh Bupati Lahat, Cik Ujang SH dan Ketua TP PKK Kabupaten Lahat, Lidyawati Cik Ujang, ke sejumlah desa.

Sebanyak 60 ribu rumpun Serai Wangi, dibagikan kepada 18 Dasa Wisma di 12 kecamatan. Kemudian 6 ribu rumpun ketiga kelompok tani dari dua kecamatan peremajaan sawit rakyat (PSR). Lalu 20 ribu rumpun untuk empat Koperasi Unit Desa (KUD) PSR, dari CSR PT Bukit Asam.

5 ribu rumpun diberikan ke KUD Sehari Bandar Jaya, bantuan dari Bank Sumsel Babel Lahat. 20 kotak bor dan pupuk ke KUD Permai Jaya dari Bank Sumsel Babel Lahat. Terakhir bantuan pembangunan sumur ke empat desa di empat kecamatan Kikim Area, CSR PT BA.

"Petani sejahtera, Lahat bercahaya. Saya bangga Dinas Perkebunan Lahat bisa membaca peluang ini. Nanti Serai Wangi ini bisa dikembangkan agar perekonomian di Lahat tetap stabil," kata Cik Ujang, usai tanam Serai Wangi serentak di Desa Bandar Jaya, Kecamatan Kikim Barat, Rabu (19/10).

Cik Ujang berharap, nantinya bukan hanya Serai Wangi saja yang dikembangkan. Apapun tanamannya, jika menghasilkan untuk masyarakat, Pemkab Lahat siap untuk menggebyarkannya.

"Untuk menunjang perekonomian masyarakat, kenapa tidak. Ini bisa jadi solusi terbaru untuk masyarakat, menanggulangi kemiskinan di Lahat," sampai Cik Ujang, didampingi Wabup, Haryanto SE MM MBA.

Kepala Dinas Perkebunan Lahat, Vivi Anggraini SSTP MSi menuturkan, ini momen mengimplementasikan Permen Nomor 15 Tahun 2021, tentang standar kegiatan usaha dan standar produk berbasis mikro sektor perkebunan. Apalagi potensi pengembangan Serai Wangi di Lahat, sangat besar.

"Apa yang direncanakan ini, kami sadari belum sempurna menjawab permasalahan produksi, produktivitas dan mutu hasil perkebunan. Karena itu kami mohon dukungan dari semua pihak," tuturnya.

Vivi menambahkan, program Serai Wangi ini hasilnya sangat menggiurkan. Insya Allah nanti akan berkembang baik. Sehingga masyarakat bisa mandiri, karena penghasilannya bisa mencukupi untuk kebutuhan sehari-hari.

"Insya Allah dengan program Serai Wangi ini, bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Lahat. Bukan di Desa Bandar Jaya saja," sampainya. (Safitri)

Kredit

Bagikan