Pemkab Lahat Rumuskan Persoalan Lingkungan Hidup

user
Romi Maradona 18 Oktober 2022, 14:19 WIB
untitled

Beritamusi.co.id - Dalam waktu dekat, Pemkab Lahat bakal menetapkan perumusan masalah dan isu pokok lingkungan hidup. Dalam dokumen Rencana Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan (RPPLH) dimana dokumen RPPLH itu nantinya akan disinkronkan dengan dokumen Rencana Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Lahat, yang dijabarkan menjadi program kerja.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Lahat, Agus Salman, melalui Sekretaris Dodi Nasoha ST MT mengatakan, penyusunan dokumen RPPLH ini harus dilakukan, sesuai amanat pasal 10 undang-undang nomor 32 tahun 2009, tentang perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup.

Dokumen RPPLH ini data potensi dan kondisi lingkungan hidup, upaya pengelolaan lingkungan hidup, kejadian hidup, kejadian bencana, pencemaran dan kerusakan lingkungan hidup yang terjadi di Kabupaten Lahat.

“Dokumen RPPLH ini harus memberikan umpan balik (feed back) ke Kabupaten Lahat. Jadi diperlukan kesepakatan, yang menjadikan isu strategsi jadi isu pokok. Seperti menentukan target perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup, untuk kurun waktu 30 tahun kedepan,” kata Dodi, saat membuka kegiatan rapat penetapan rumusan masalah atau isu pokok lingkungan hidup di The Grans Hotel Lahat.

Dodi menambahkan, sebagai dasar pemanfaatan sumber daya alam, RPPLH bertujuan untuk mengontrol pembangunan yang berwawasan lingkungan. Serta untuk memenuhi kewajiban adanya perencanaan Lingkungan. Selain itu, dokumen RPPLH diharapkan mampu mengarahkan pembangunan agar lingkungan hidup tetap terjaga, serta menjadi acuan induk.

“Penyusunan dokumen RPPLH ini di kita (DLH), bersama tim kelompok kerja. Isu pokoknya, semua yang terkait lingkungan hidup. Nanti kita sampaikan setelah penetapan,” ujar Dodi, Selasa (18/10/2022). (Safitri)

Kredit

Bagikan