Pemkab Lahat Launching Program Aksi Bergizi untuk Cegah Stunting

user
Romi Maradona 04 Oktober 2022, 17:54 WIB
untitled

Beritamusi.co.id - Pemerintah Kabupaten Lahat menekankan kepada seluruh masyarakat agar memperhatikan gizi anak. Bahkan, Pemkab Lahat melalui Dinas Kesehatan bekerjasama dengan SMA Negeri 2 Lahat melaunching Aksi Bergizi dalam upaya gerakan atasi stunting sampai nol (GASPOL), Selasa (4/10/2022).

Kepala Dinas Kesehatan Taufik M Putra, mengatakan, kegiatan Aksi Bergizi dilaksankan dengan tiga intervensi utama yaitu sarapan dan minum bersama di sekolah/madrasah setiap minggu. Kemudian, edukasi gizi yang bersifat multi-sektor dengan tujuan mempromosikan asupan makan yang sehat dan aktifitas fisik, serta komunikasi untuk perubahan perilaku yang relevan dan komprehensif.

"Tiga hal ini sangat penting dalam menggalakkan aksi gizi kepada anak," ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama, Bupati Lahat, Cik Ujang, SH., melalui Wakil Bupati Lahat, H. Haryanto SE MM., menyampaikan, aksi ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan remaja putri tentang pentingnya asupan zat besi pada usia remaja dan pencegahan serta penanggulangan anemia pada remaja putri.

Kegiatan launching aksi bergizi ini juga diharapkan mampu memberikan wawasaan kesehatan kepada para siswa untuk selalu memperhatian asupan gizi mereka saat usia remaja.

"Dengan kegiatan launching aksi bergizi diharapkan prevalensi stunting di tahun 2021 yakni 22,4%, (SSGI) dapat menurun lagi dan bisa mencapai target Presiden Republik Indonesia yakni 14% pada tahun 2024," pungkasnya. (Safitri)

Kredit

Bagikan