Wujudkan Jiwa Pancasila, Satu Regu Pramuka SMP N Lubuk Tua Kemah Bersama

user
Romi Maradona 02 Oktober 2022, 18:17 WIB
untitled

Beritamusi.co.id - Sedikitnya satu regu pelajar Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri Lubuk Tua yang tergabung dalam kegiatan Estrakurikuler Praja Muda Karana (Pramuka) dikirim untuk mengikuti kegiatam Kemah Bersama yang berlangsung di Bumi Perkemaham (Buper) Tapak Libok Desa Marga Sakti Kecamatan Muara Kelingi yang berlangsung dari tanggal 30 September hingga 2 Oktober 2022.

Menurut Kepala Sekolah (Kepsek) SMP N Lubuk Tua Rasiman saat di bincangi Beritamusi.co.id Minggu (2/10/2022) megatakan satu regu anggota pramuka yang dikirim berjumlah 8 orang berasal dari siswa siswi yang sudah mengikuti latihan rutin.

"Mereka yang kita kirim adalah siswa siswi yang telah siap dan hemat berlatih setiap hari Sabtu sore serta telah mendapatkan izin dari orang tuanya," Jelasnya

Lebih lanjut Rasiman menuturkan tujuan dikirimnya siswa siswi dalam kegiatan kemah bersama dimaksudkan untuk melatih kemandirian peserta didik

"Dalam kegiatan Pramuka banyak sekali manfaat yang diperoleh oleh para pelajar diantaranya kita ingin melatih mereka untuk belajar hidup bersama dalam ranah berkebhinnekaan yang mengedepankan pada Budi Pekerti Luhur dan Berkepribadiam Pancasila," Ujarnya

Perkemahan lanjut dia, merupakan sarana untuk menempa dan membina para anggota pramuka dengan kegiatan yang mengarah pada usaha pembentukan watak disiplin dan kepemimpinan serta pengembangan ilmu pengetahuan, keterampilan dan ketangkasan pramuka itu sendiri.

Pendidikan di sekolah yang paling menonjol dalam kedisiplinan adalah pendidikan kepramukaan, pendidikan karakter kepramukaan sangat dibutuhkan bagi para siswa di sekolah,” bebernya.

Dalam pramuka inilah, menurut dia, terciptanya kegiatan-kegiatan yang menarik, menyenangkan, sehat, riang gembira, mempererat persahabatan dan sebagainya yang bermuara pada pendidikan yang dilandasi Tri Satya dan Dasa Dharma Pramuka. (Musyanto)

Kredit

Bagikan