Empat Desa di Deklarasikan Sebagai Desa Taruna

user
Romi Maradona 28 September 2022, 18:16 WIB
untitled

Beritamusi.co.id - Dalam kurun waktu dua tahun Pemerinatah Kabupaten (Pemkab) Musi Rawas bersama Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) telah mendeklarasikan empat Desa di tiga Kecamatan sebagai Desa Cinta Kerukunan (Desa Taruna).

Masing - masing Desa yang telah di Deklarasikan menjadi Desa Taruna diantaranya Desa Bangunrejo Kecamatan Sukakarya, Desa Mataram Kecamatan Tugumulyo, Desa Tugusempurna Kecamatan Muara Kelingi dan yang terbaru yaitu Desa Bumi Rejo Kecamatan Jayaloka.

Wakil Bupati Musi Rawas (Wabup) Hj.Suwarti menilai keberadaan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) memiliki peran yang penting sebagai wadah dialog sekaligus media dalam menampung aspirasi masyarakat dalam mewujudkan kehidupan beragama yang damai di tengah masyarakat

"Kami atas nama Pemerintah Kabupaten Mura memberikan apresiasi kepada FKUB yang telah bersinergi dan menjalin kemitraan dengan Pemerintah dalam rangka mewujudkan kedamaian dalam kehidupan umat beragama," Ujar Wabup saat peresmian Desa Cinta Kerukunan (Desa Taruna) di Desa Bumi Rejo Kecamatan Jayaloka, Selasa (28/09/2022)

Wabup mengatakan bahwa Desa Sadar Kerukunan (Desa Taruna) yang diresmikan ini adalah sebuah desa yang warganya terdiri dari beberapa agama (Islam, Kristen, Khatolik), tetapi tetap cinta akan kerukunan antar umat beragama.

“Tujuan diresmikannya Desa Taruna adalah sebagai penghargaan atas kerukunan di Desa Bumi Rejo dan sebagai contoh bagi daerah lain agar bisa meniru kerukunan yang ada di desa ini,” harapnya

Sementara, Ketua FKUB Mura Misbahul Arifin kepada Beritamusi.co.id menjelaskan untuk menciptakan kerukunan umat beragama tidak mudah dan membutuh proses yang panjang.

"Menciptakan kehidupan rukun ditengah umat beragama membutuhkan proses panjang dan melibatkan banyak pihak, proses pemberdayaannya tiga sampai empat lima kali, dalam kurun waktu 6 tahun terahir, melalui dialog, sosialisasi, baik komunitas maupun lintas agama. Alhamdulillah menghasilkan buah yg menyejukkan bagi wilayah Musi Rawas,"Pungkasnya (Musyanto)

Kredit

Bagikan