Cik Ujang Ajak Warga Lahat Optimalkan Pekarangan Rumah untuk Bercocok Tanam

user
Romi Maradona 27 September 2022, 18:42 WIB
untitled

Beritamusi.co.id - Sejalan dengan gerakan Sumsel Mandiri Pangan, berbagai upaya terus dilakukan Pemkab Lahat yang diharapkan dapat meningkatkan perekonomian warga.

Salah satu upaya yang dilakukan saat ini yaitu mengajak warga agar memanfaatkan perkarangan rumah untuk dijadikan lokasi menanam berbagai kebutuhan pangan.

Bupati Lahat, Cik Ujang, SH menyampaikan agar warga jangan menganggap sepele keberadaan perkarangan rumah. Menurutnya, jika dimanfaatkan dan dikelola dengan baik perkerangan bisa menjadi solusi warga dalam memenuhi kebutuhan pokok.

Dengan demikian, akan mengurangi pengeluaran rumah tangga. "Tanamlah berbagai kebutuhan pokok. Sehingga tidak perlu lagi membeli," katanya saat membuka Focus Group Discussion (FGD) dan Sosialisasi Gerakan Sumsel Mandiri Pangan dan Bantuan Benih Padi Inbrida(GSMP) Lahat Bercahaya, di Gedung Pertemuan Pemkab Lahat, Selasa (27/9/2022).

Jika kebutuhan pokok bisa terpenuhi dengan memanfaatkan perkarangan rumah, lanjutnya, maka uang bisa digunakan untuk keperluan lain termasuk biaya pendidikan anak-anak. Hal ini juga akan berimbas bagi kesejahteraan warga itu sendiri.

Untuk memicu semangat warga, Cik Ujang meminta kepada seluruh Camat, Kades, ibu-ibu TP PKK di Kabupaten Lahat untuk mensukseskan program Sumsel Mandiri Pangan dengan memanfaatkan perkarangan rumah.

"Saya minta camat, Kades dan lainya bisa menjadi contoh dan memberikan sosialisasi serra edukasi agar warga memanfaatkan pekarangan rumah," tegasnya.

Kepala Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Peternakan (TPHP) Eti Listina.SP MM., mengatakan, pemanfaatan perkarangan rumah juga upaya menurunkan angka kemiskinan, pemenuhan gizi keluarga dan merubah pola hidup dari selama ini konsumtif menjadi produktif.

"Selain itu Pemerintah Kabupaten Lahat juga memberikan berbagai fasilitas bantuan yaitu bantuan benih bibit tanaman pangan dan holtikultura, pupuk, ternak sapi, kambing, ayam serta bantuan alat mesin dan lainnya," tambah Eti. (Safitri)

Kredit

Bagikan