Ramai Penggunaan Sepeda Listrik, Polres OKU Tunggu Regulasi

user
Romi Maradona 27 September 2022, 09:58 WIB
untitled

Beritamusi.co.id - Tren sepeda listrik mulai menjamur di Kota Baturaja. Hal ini terlihat dari banyaknya masyarakat Bumi Sebimbing Sekundang, yang menggunakan sepeda bertenaga listrik tersebut.

Pantauan portal ini, sepeda itu digunakan di jalan raya layaknya sepeda motor dan kendaraan ini juga banyak digunakan oleh anak di bawah umur.

Menanggapi hal ini, Kapolres OKU AKBP Danu Agus Purnomo Sik saat dibincangi awak media mengatakan, saat ini pihaknya sedang mencari regulasi tentang aturan penggunaan sepeda listrik tersebut.

"Kami masi mencari regulasinya seperti apa, kita juga akan berkodinasi bersama pihak Polda maupun Mabes Polri untuk mengetahui ketentuan terkait sepeda listrik itu seperti apa," ungkap Kapolres.

Menurutnya, bebrapa daerah seperti di Pulau Jawa sudah ada yang melakukan penertiban terkait sepeda listrik ini. "Nanti akan diadakan konversi kecepatan maksimal dari sepeda listri ini dibandingkan dengan kecepatan sepeda motor, sehingga nanti apakah diperlukan surat-surat berkendaraan apa tidak," jelasnya.

"Karna kami pada prinsipnya bahwa setiap orang atau individu yang menunakan fasilitas jalan, seharusnya mereka juga memiliki standar bahwa mereka harus mengetahui peruntukkan jalan, tidak melihat apakah itu sepda motor apakah itu sepda listrik," katanya menambahkan.

Dia mengimbau kepada masyarakat agar selalu mengawasi anak-anak yang mengendarai sepeda listrik tersebut. "Kita tidak tau kondisi jalan seperti apa, banyak kendaraan-kendaraan baik roda dua maupun roda empat yang melintas dengan tingkat emosianal yang berbeda-beda, jangan sampai hanya kita sayang sama anak dan bisa mengakibatkan hal yang fatal," ungkapnya.

Walaupun jika nanti ada jalur khusus sepeda listrik, Kapolres meminta kepada orang tua agar lebih bisa memberikan perhatian agar tidak mengunakan jalur-jalur yang memang ramai dengan kendaraan. (HARISON)

Kredit

Bagikan