Puluhan Anak Pekebun Sawit di Musi Rawas Berhasil Raih Beasiswa

user
Romi Maradona 24 September 2022, 18:06 WIB
untitled

Beritamusi.co.id - Kementerian Pertanian melalui Direktorat Jenderal Perkebunan sudah mengumumkan hasil akhir calon mahasiswa yang lulus beasiswa pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) sawit yang dibiayai oleh Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) tahun 2022.

Berdasarkan informasi yang di peroleh Beritamusi.co.id dari situs resmi beasiswa SDM sawit https://beasiswasdmsawit.id/ Sampai dengan hari ini, Sabtu (23/9/2022), total sudah ada 1000 calon mahasiswa yang ditetapkan lulus dan diterima di perguruan tinggi.

Dari Kabupaten Musi Rawas (Mura), sebagai salah satu daerah penghasil kelapa sawit di Indonesia tercatat juga sudah ada 29 nama yang dinyatakan lulus mendapatkan beasiswa itu. 

Mahfut Untoro (21) salah seorang penerima Beasiswa dari Desa Air Beliti Kecamatan Tuah Negeri Saat berbincang dengan Beritamusi.co.id Sabtu (23/9/2022) menceritakan betapa bangganya bisa mendapatkan beasiswa SDM sawit

"Alhamdulillah, bersyukur sekali saya bisa lulus bersaing dengan 2.468 peserta yang dinyatakan lulus administrasi pada waktu itu," Ujarnya

Menurutnya proses seleksi beasiswa SDM sawit tersebut cukup ketat, berbagai tahapan harus di jalankan hingga dirinya dapat dinyatakan lulus pada perguruan tinggi yang menjadi pilihan.

"Banyak sekali tahapannya,mulai seleksi administrasi,seleksi tertulis tentang potensi diri,kemudian tes psikologi dan informasinya setelah lulus ini nanti akan ada Bina Mental dan Fisik (Binafis), untuk perguruan tinggi saya memilih program studi D1 Pemeliharaan Kelapa Sawit di Kampus Akademi Komunitas Perkebunan Perkebunan Yogyakarta (Akpy) Stiper," Jelasnya.

Hal senada juga di ungkapkan Eli Anisa (20) salah seorang penerima beasiswa lainnya asal Desa Temuan Jaya Kecamatan Muara Kelingi yang mengaku tak menyangka dirinya dapat berkuliah dengan kondisi keterbatasan ekonomi keluarga.

"Mustahil saya bisa kuliah jika tanpa beasiswa BPDPKS. Orang tua saya tidak mampu untuk itu,’’ ujar anak buruh tani sawit tersebut

Berikut beberapa daftar nama peserta Asal Kabupaten Musi Rawas yang berhasil mendapatkan beasiswa SDM sawit dati BPDPKS

Eli Anisa, Mahfut Untoro, Suhana Bilamin,M Khoiru,Syahrul,Diyaz Karimulla Pratama, Adinda Refani, Anis Prestiwahyuni, Cinta Erza Putri,Putri Nabila Amanda,Patuh Subekti,Ekklesia Chriasvisya Raharjo, Ickhwan Setiadi,Lily Citra Sulastri,M. Yoga Fernanda, Priyatna, Rizky Tripaksa Laksono,Puji Susanto.
(Musyanto)

Kredit

Bagikan