Emak-Emak Dilatih Tata Cara Membuat Kerupuk KOPNAS

user
Romi Maradona 21 September 2022, 19:31 WIB
untitled

Beritamusi.co.id - Emak-emak di kelurahan Pasar 1 Kecamatan Muara Enim Kabupaten Muara Enim dilatih cara membuat kerupuk Kopi Nasi (Kopnas), Rabu (21/09/2022).

Indriati SE selaku narasumber pelatihan memberikan penjelasan secara mendetail kepada emak-emak tata cara membuat kerupuk Kopi Nasi (Kopnas).

Menurutnya, membuat kopnas ini sangat mudah cukup menyediakan bahan dasar Kopi dan Nasi, selain dari itu tetap menggunakan bahan lainnya, seperti tepung tapioka, gula, garam dan penyedap rasa.

Adapun tata cara pembuatannya lanjut Indri, pertama siapkan nasi kemudian diblender dicampur dengan semua bahan jadi satu dan di uleni dibuat lenjer seperti membuat pempek. Setelah itu sisihkan air hingga lenjer mengapung, diangkat lalu dijemur.

"Kurang lebih 2 jam, simpan di kulkas setelah itu dijemur hingga kering tergantung cuaca. Hingga kerupuk siap untuk di goreng dan dipasarkan,"katanya.

Metode pembuatanya kata Indri lagi, tidak sulit tinggal ada kemauan atau tidak dalam mengembangkan usaha. "Setiap sesuatu itu harus butuh kerja keras dan ulet untuk hasil yang baik," tuturnya.

Sementara itu Lurah Pasar I, Miftah Sari Sip MSi mengatakan kegiatan ini dimaksudkan agar Ibu Ibu PKK di Kelurahan Pasar I bisa tahu hal apa saja yang bisa dijadikan suatu usaha dan menghasilkan nilai jual.

Contoh sedikit tadi, sebenarnya tidak susah, bahan pokoknya dari nasi dan kopi, itu hal yang bisa ibu ibu PKK lakukan setiap harinya. Tinggal lagi, ada kemauan dan kerja keras untuk membuat usaha olahan yang bisa menghasilkan dengan biaya yang sederhana.

"Tentunya dengan adanya hasil dari setiap olahan, akan berdampak positif untuk pendapatan dikhususkan Kelurahan Pasar 1, kalu bisa setiap masing masing ibu ibu PKK Kelurahan Pasar 1 ini punya pengasilan masing masing dari setiap usahanya, mungkin ada yang budidaya ikan, sayur, jenis makan ringan, dan lain sebagainya," harapnya. (Rahmad)

Credits

Bagikan