Festival Randik 2022, Ruang Ekspresi bagi Para Pelaku Seni

user
Romi Maradona 14 September 2022, 19:26 WIB
untitled

Beritamusi.co.id - Dalam rangka memeriahkan HUT Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) ke-66 tahun, Pemkab Muba melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Muba menggelar kegiatan Festival Randik, yang akan dilaksanakan bertepatan hari jadi Muba pada 28 September 2022 mendatang.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Muba, Drs Iskandar Syahrianto MH mengatakan bahwa Festival Randik Kabupaten Muba tahun 2022 merupakan, sarana apresiasi masyarakat dalam mendukung program pemerintah daerah dalam bidang pelestarian dan pengembangan seni/budaya daerah, sekaligus memberikan ruang ekspresi bagi para pelaku seni dan pembina seni tradisional.

"Adapun tema yang di angkat pada festival randik kali ini yaitu, Seni dan Budaya Kearifan Lokal yang ada di kecamatan masing-masing baik berupa tradisi dan legenda/mitos daerah. Melalui Festival Randik kita tingkatkan kreatifitas insan seni daerah Kabupaten Muba. Tujuannya untuk menumbuh kembangkan dan melestarikan kesenian daerah, serta meningkatkan kreatifitas seniman dan sanggar seni dalam kabupaten Muba,"bebernya saat Rapat Pembahasan Rangkaian Kegiatan HUT Kabupaten Muba ke-66 Tahun 2022 di Ruang Rapat Randik, Rabu (14/9/2022).

Iskandar juga mengungkapkan, peserta Festival Randik tingkat Kabupaten adalah Tim Kesenian utusan 15 kecamatan Se-Kabupaten Muba, dengan bidang-bidang perlombaan yaitu, Lagu Pop Daerah, Sastra Tutur, Video Komedi, Cipta Lagu Daerah, Dongeng Cerita Daerah, Tari Setabek, Tari Burung Putih, Tari Kreasi, Senjang, Batanghari Sembilan dan Teater Tradisional.

"Penghargaan bagi pemenang nantinya akan mendapatkan hadiah berupa tropy, piagam dan uang pembinaan. Rincian Uang Pembinaan, Juara I Rp. 2.000.000, Juara II Rp. 1.500.000, Juara III Rp. 1.000.000, Harapan 1 Rp. 750.000, Harapan II Rp. 650.000 dan Harapan III Rp. 500.000," bebernya.

Sementara itu Pj Sekda Muba Musni Wijaya SSos MSi mengatakan, agar Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Muba dapat mempersiapkan dengan baik terkait rencana Festival Randik dalam rangka HUT Muba ke-66 tahun.

"Kita imbau seluruh kecamatan agar dapat ikut berpartisipasi dalam kegiatan Festival Randik tahun 2022 ini, kirim perwakilan dari setiap kecamatan untuk mengikuti berbagai jenis perlombaan pada festival randik tersebut, bila perlu lakukan seleksi secara terbuka dulu di tingkat kecamatan, agar nantinya terpilih yang terbaik untuk mewakili dari kecamatan ke tingkat kabupaten," pungkasnya. (Endang)

Credits

Bagikan