Herman Deru Sebut Pramuka Wadah Penggemblengan  Calon Pemimpin Bangsa

user
Romi Maradona 04 September 2022, 20:35 WIB
untitled

Beritamusi.co.id - Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel), H Herman Deru menjadi inspektur upacara pada puncak peringatan HUT Pramuka ke-61 tingkat Provinsi Sumatera Selatan yang digelar di kawasan Danau Ranau, Kabupaten OKU Selatan, Minggu (4/9/2022). Dalam kesempatan itu, dia menyebut bahwa Pramuka merupakan wadah untuk menggembleng para calon pemimpin masa depan.

Untuk itu, dia menegaskan bahwa HUT Pramuka merupakan kegembiraan tersendiri bagi warga Pramuka Sumsel yang digelar denggan penuh kemeriahaan.

"Kegiatan ini juga merupakan  spirit  baru bagi Pramuka  Sumsel yang  menjadi wahana penggemblengan bagi pramuka siaga menjadi penggalang pandega dan pada akhirnya menjadi pemimpin bangsa," katanya. 

Herman Deru mengatakan, apa yang dilaksanakan saat ini merupakan bagian dari upaya memajukan dan mengembangkan Gerakan Pramuka di Sumsel. "Tema peringatan ini adalah mengabdi tanpa batas untuk membangun ketangguhan bangsa. Tema ini menunjukan tekad kita untuk terus mengabdi tanpa batas di berbagai bidang," imbuhnya.

Pada kesempatan itu, Gubernur Herman Deru menambahkan pada bulan November 2022 nanti Sumsel akan menjadi tuan rumah kegiatan Perkemahan Bakti Satuan Karya Bhayangkara Tingkat Nasional (Pertikaranas) ke IV Tahun 2022, karena itu dia mengajak semua pihak untuk terlibat dalam mensukseskan Pertikarnas tersebut.

"Sebagai tuan rumah saya berharap warga Pramuka Sumsel dan kita semua untuk bahu membahu menyukseskan kegiatan tersebut," ucapnya.

Apalagi lanjut Gubernur, Sumsel  sebagai provinsi yang kaya dengan keanekaragaman budaya, perlu ditunjukan kearifan lokal yang dimiliki. "Dengan semangat kebersamaan dan gotong royong, mari kita wujudkan visi Sumsel Maju untuk semua kepada semua peserta kegiatan Pertikara Nasional tersebut," imbuhnya.

Sebelum mengakhiri sambutan Herman Deru mengucapkan terima kasih kepada Kwartir Nasional, Kwartir Daerah, Kwartir Cabang dan Kwartir Ranting se Sumsel serta gugus depan yang terus melakukan pembinaan dan menyelenggarakan pendidikan Kepramukaan. 

"Kegiatan kepramukaan merupakan investasi bagi suatu daerah untuk meningkatkan kualitas SDM dalam memupuk semangat cinta tanah air, semangat gotong royong san pembentukan karakter bangsa," tandasnya.

Sementara itu, Ketua Kwarda Gerakan Pramuka Sumsel, H Reza Fahlevi mengucapkan terima kasih kepada Gubernur Sumsel yang telah hadir pada peringatan HUT Pramuka ke 61 tahun 2022. "Memperingati hari gerakam Pramuka ke 61 ini  dimeriahkan dengan berbagai kegiatan diantaranya perlombaan kepramukaan, renungan suci, bakti masyarakat dan bakti penghijauan dan kegiatan lainnya," ucap Riza.

Riza menambahkan,  Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Sumsel juga mengikuti Jambore Nasional 11 tahun 2022 di Bumi Perkemahan Graha Wisata Pramuka Cibubur Jakarta pada tanggal 14 sampai 21 Agustus 2022 lalu berhasil meraih sejumlah prestasi yang membanggakan bagi Provinsi Sumsel.

"Alhamdulilah kontingen Pramuka Sumsel pada Jambore Nasional berhasil meraih sejumlah prestasi melalui pagelaran seni, budaya, kuliner dan pameran UMKM. Kwartir Nasional memberikan penghargaan kepada Kwarda Sumsel sebagai kontingen terfavorit nomor satu," ucapnya.

Dia juga mengucapkan terima kasih kepada Kordinator ICSB Sumsel Hj Samantha Tivani HD yang telah berkontribusi dalam mendorong UMKM pada Jambore tersebut.

Pada peringatan upacara pramuka ini Gubernur Sumsel memberikan lencana kehormatan gerakan Pramuka kepada para Bupati, Wakil Bupati serta Kakwarda se Sumsel. 

Kemudian pemberian penghargaan kepada Kordinator ICSB Samantha Tivani HD dari Sekjen Kwartir Nasional Pramuka, Mayjen TNI (Purn) Bachtiar karena mendukung dan ikut menyukseskan UMKM Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Sumsel pada Jambore Nasional 11 tahun 2022 di Bumi Perkemahan Graha Wisata Pramuka Cibubur Jakarta pada tanggal 14 sampai 21 Agustus 2022.

Upacara Peringatan Hari Pramuka ke 61 juga dimerihakan berbagai parade seperti Parade Drum Band dari SD Negeri 01 Banding Agung, SD Negeri 02 Banding Bandung, SD Negeri 1 Sipatuhu serta penampilan polisi cilik OKU Selatan. (Ade)

Kredit

Bagikan