Rampung, Jembatan Air Terong Kembali Dibuka

user
Romi Maradona 01 September 2022, 20:12 WIB
untitled

Beritamusi.co.id - Pekerjaan pembangunan jembatan Air Terong I yang terletak di Desa Terong, Kecamatan Sijuk telah selesai dikerjakan dan arus lalu lintas kendaraan kembali dibuka.

Pembukaan arus lalu lintas di jembatan Air Terong I tersebut ditandai dengan pemotongan pita yang dilakukan oleh Wakil Bupati Belitung Isyak Meirobie bersama Kepala Pelaksana Jalan Nasional Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Dadi Muradi dan tamu undangan lainnya.

Wakil Bupati Belitung, Isyak Meirobie ditemui awak media selepas acara memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya atas selesainya pekerjaan jembatan Air Terong I yang lebih cepat dari jadwal semestinya.

"Saya memberikan bintang lima apresiasi dan hormat saya kepada Balai PJN dan jajarannya yang kerja keras dan komitmen luar biasa konsisten yang harus selesai Desember namun lebih cepat tiga bulan," ucapnya.

Isyak menyebutkan, jembatan Air Terong I merupakan akses utama menuju lokasi acara pelaksanaan Development Working Group (DWG) G20 pada 7-9 September nanti.

Kehadiran wajah baru Jembatan Air Terong I sangat membantu mobilitas masyarakat yang berada di sekitar kawasan tersebut.

"Jadi bukan soal untuk G20 saja namun masyarakat yang menggunakan jalur ini pun dimudahkan, sehingga kerja keras ini saya rasa membuahkan hasil," terangnya.

Selain itu, Isyak melanjutkan, keberadaan jembatan Air Terong I sangat penting karena menjadi akses utama peserta dan undangan pertemuan G20 untuk menuju lokasi.

"Jembatan ini merupakan jalur utama yang dilewati delegasi dan ini akan menambah keyakinan internasional bahwa kondisi Belitung memang siap untuk menyelenggarakan event-event besar," tandasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala PJN Bangka Belitung, Dadi Muradi mengucapkan rasa syukur bahwa pengerjaan proyek jembatan Air Terong I bisa selesai lebih cepat dari jadwal yang telah ditentukan.

Hari ini arus lalu lintas di jembatan Air Terong I kembali dibuka dan pengerjaan jembatan sudah 99 persen selesai tinggal kami lakukan pengecatan sebelum 7 September karena ini baru cat dasar," pungkasnya.

Dadi menjelaskan, pengerjaan jembatan Air Terong I memakan waktu selama enam bulan lebih cepat dari 10 bulan jangka waktu yang direncanakan.

Dadi menambahkan, jembatan Air Terong memiliki panjang 30 meter dengan umur jembatan selama 50 tahun.

"Sedangkan untuk beban maksimum yang bisa ditampung jembatan ini seberat 100 ton meningkat dari kondisi sebelumnya hanya 70 ton," jelasnya.(Nanda)

Kredit

Bagikan