Kantor Berita Rusia Gandeng Ilkom UPNVY Ikuti Program Jurnalistik

user
Romi Maradona 31 Agustus 2022, 20:00 WIB
untitled

Beritamusi.co.id -  

Kantor berita Rusia Sputnik menggandeng Jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta (UPNVY) pada gelaran SputnikPro, pelatihan internasional bidang jurnalistik.

Bagi Jurusan Ilmu Komunikasi UPNVY, kerja sama dengan media massa internasional tersebut menjadi yang pertama sekaligus menambah daftar panjang mitra kerja sama profesional.

Selain dihadiri pihak Sputnik, pertemuan perdana virtual pembahasan kerja sama pada Kamis (23/6/22) turut dihadiri perwakilan Atase Pendidikan dan Fungsi Penerangan, Sosial dan Budaya Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Moskow. Pihaknya, sebagai mediator kegiatan SputnikPro di Indonesia, menyampaikan akan terus mendorong kerja sama bidang pendidikan antara Rusia dan Indonesia.

Dalam pertemuan itu, Chief Specialist International Cooperation Directorate Sputnik, Anastasia Alyamovskaya menjelaskan program pelatihan yang telah ada sejak 2014 tersebut terdiri dari beberapa format, salah satunya kuliah umum. “Sesi kuliah umum terdiri dari basic dan specialized lecturers, serta workshop dengan praktisi media,” kata Anastasia. Menurut dia, gelaran serupa telah diadakan di sejumlah negara yaitu India, Amerika Latin, Italia, China, dan Turki.

Lebih lanjut, staf  International Cooperation Directorate Sputnik,  Kristina Lyakh memaparkan beragam topik yang dapat dipilih untuk disajikan dalam kuliah umum. “Beberapa topik yang kami tawarkan mulai dari pembahasan profesi jurnalisme di dunia internasional, evolusi jurnalisme, teknologi terbaru jurnalistik, keterampilan menulis dan multimedia, hingga manajemen industri media,” papar Kristina.

Nantinya, lanjut dia, UPNVY dapat memilih satu atau beberapa tema yang dapat disajikan secara berseri.

Dalam kesempatan yang sama Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) UPNVY, Machya Astuti Dewi menyambut antusias kegiatan tersebut.

Machya menegaskan pengalaman belajar tidak sekadar didapat dari kelas, melainkan dari para ahli sehingga memberikan nilai tambah. Dia berharap kegiatan ini berkelanjutan untuk menambah eksposur internasional bagi Jurusan Ilmu Komunikasi UPNVY.

“Kegiatan ini sangat relevan untuk meningkatkan capaian indikator kinerja utama, yaitu kerja sama Prodi dan praktisi mengajar di perguruan tinggi. Semoga dapat dikembangkan” ungkap Machya.

Senada dengan Machya, Ketua Jurusan Ilmu Komunikasi UPNVY, Agung Prabowo turut berharap kuliah umum SputnikPro memberikan perspektif baru jurnalistik bagi mahasiswa. Dia menargetkan lebih dari 250 mahasiswa mengikuti kegiatan besutan media yang berkantor pusat di Moskow itu.

“Kita akan dorong mahasiswa untuk ikut diskusi, termasuk mahasiswa baru, agar mereka punya gambaran isu-isu komunikasi terkini, juga terkait jurnalistik,” jelas Agung.

Agung menyebutkan format kegiatan yang dipilih adalah basic lecture bertajuk “International Journalism: The Current State of Profession”.

Menurutnya, kuliah umum pertama direncanakan pada Jumat (2/9/22) mendatang. Berangkat dari kegiatan pertama itu, lanjut Agung, harapannya Sputnik dapat terkesan dan menambah potensi keberlangsungan kuliah umum berseri oleh Sputnik. 

Sebagai informasi, SputnikPro merupakan program besutan Sputnik International News Agency dan Radio Sputnik yang bertujuan berbagi pengalaman dan mengembangkan hubungan profesional dengan media massa asing. Adapun target program tersebut adalah jurnalis, mahasiswa universitas berorientasi profesi, pekerja media dan manajer media. SputnikPro pertama kali digelar di Sekolah Jurnalisme Internasional, Moscow State Institute of International Relations (MGIMO).

Sebagai kantor berita global dan penyiaran radio, Sputnik merupakan bagian dari grup media Rusia Rossiya Segodnya. Hingga saat ini, Sputnik mengoperasikan situs web dalam 32 bahasa, siaran radio analog dan digital di lebih dari 90 kota di seluruh dunia, dan umpan berita dalam bahasa Inggris, Arab, Spanyol, Cina, dan Persia. (Romi/Ril)

Kredit

Bagikan