Herman Deru Motivasi Kwarda Sumsel untuk Berprestasi pada Jamnas dan Pertikaranas

user
rian 05 Agustus 2022, 09:09 WIB
untitled

PALEMBANG - Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) yang juga selaku Ketua Majelis Pembimbingan Daerah (Kamabida) Gerakan Pramuka Sumsel H Herman Deru mengharapkan agar   anggota Kwarda Sumsel yang ikut dalam  Jambore Nasional di Bumi Perkemahan Cibubur dapat menorehkan prestasi di kancah nasional.

"Anggota Pramuka  yang mengikuti Jambore Nasional nantinya harus menorehkan prestasi jangan hannya meramaikan saja.  Bawa nama baik  Kwarda Sumsel agar lebih dikenal karena prestasinya. Jika perlu nanti training para peserta yang akan ikut Jambore nantinya,"  tegas Herman Deru saat menerima audiensi Ketua Kwarda Gerakan Pramuka Sumsel  dalam rangka laporan akan  mengikuti Jambore Nasional dan Perkemahan Bhakti Saka Bhayangkara Nasional (Pertikaranas) Tahun 2022 di ruang tamu Gubernur, Kamis (4/8/2022).

Sebagai Kamabida, Herman Deru  mengingatkan para anggota Kwarda Sumsel harus tampil dengan baik saat Jambore Nasional maupun Pertikaranas untuk dapat memberikan penampilan yang terbait termasuk kelengkapan atribut pakaian. Sebab lanjut dia cara perbakaian  juga dapat membangun kesan baik  dimata para juri dan kontingen lainnya.

"Saya minta kostum yang digunakan juga seragam, sebab kostum itu memberikan kesan tersediri terutama saat  bertemu dengan orang baru," tuturnya.

Selanjutnya terkait Pertikaranas  2022 yang menjadikan Sumsel sebagai tuan rumah, Herman Deru secara khusus mengharapkan melalui kegiatan Pertikaranas dapat memberikan dampak yang positif bagi perekonomian Sumsel. Terlebih lagi peserta yang akan mengikuti kegiatan Pramuka Nasional ini mencapai kurang lebih 2000 peserta.

"Terkait kegiatan Bhakti Saka Bayangkara, kita harapkan akan  menjadi ajang silaturahmi yang baik antar anggota  Pramuka, dan yang terpenting dapat memberikan dampak positif bagi perkembangan ekonomi Sumsel," imbuhnya.

Herman Deru menjelaskan sebagai tuan tumah Pertikaranas, Pemprov Sumsel telah mengkerahkan seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk berkontribusi dalam penyiapan fasilitas di Bumi Perkemahan Pramuka Gandus.

"Beberapa waktu lalu juga telah kita bahas persiapan kegiatan ini mulai dari infrastruktur dan lain-lainnya telah kita berikan masing-masing tugasnya para OPD untuk membantu," tuturnya.

Herman Deru juga memberikan masukan terkait peringatan HUT Pramuka yang rencananya akan dilaksanan di Kabupaten OKU Selatan agar tidak hannya menjadi agenda seremonial saja. Tetapi juga   melibatkan semua pemangku kepentingan termasuk Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (KORMI) Sumsel.

"Jangan hanya diadakan upacara,  acaranya nanti harus dikemas sedemikian rupa  berupa kegiatan  sosial atau kegiatan kepanduan lainnya.  Libatkan KORMI dalam hal ini siapa tau nanti kita akan membuat kompetisi olahraga rekreasi," pungkasnya.

Sementara itu, Ketua Kwarda Gerakan Pramuka Provinsi Sumsel, H Riza Pahlevi dalam  laporannya menegaskan   keberangkatan peserta Jambore Nasional  ke Cibubur dilakukan pada tanggal 12 Agustus 2022.

"Sesuai dengan jadwal pada tanggal 13 hingga  21 Agustus 2022 Kwarda Sumsel akan berpartisipasi mengikuti Jamnas ke 11 di Cibubur, Jakarta dengan jumlah peserta 420 orang yang akan berangkat pada 12 Agustus nanti," kata Riza.

Lebih lanjut Riza menegaskan  terkait dengan Sumsel sebagai tuan rumah  Pertikaranas 2022 akan  dihadiri 2000 anggota Pramuka se Indonesia yang rencananya akan dibuka  oleh Wakil Presiden RI atau Wakapolri.

"Berbagai persiapan telah dilakukan menjelang Pertikaranas pada  September 2022. Alhamdulillahnya kita mempunyai Kamabida yang mendukung penuh kegiatan ini sehingga persiapan  sudah mendekati 100 persen,” tuturnya.

Riza Pahlevi menyebut HUT Pramuka ke- 61 akan digelar pada 3 September 2022 bertempat di  Danau Ranau Kabupaten OKU Selatan melibatkan  2.500 anggota Pramuka dari berbagai daerah.

“Mohon kesediaan pak Gubernur untuk hadir  dalam HUT Pramuka ini nantinya,” harap Riza Pahlevi.

Turut hadir pula dalam kesempatan tersebut, Wakil Ketua Bidang Bina Mufa Kwarda Prov. Sumsel, H. M. Giri Ramadha Kiemas, Wakil Ketua Bina Wasa Kwarda Prov. Sumsel, Sumaya, Wakil Ketua Bidang Bela Negara Kwarda Prov. Sumsel, Rusli Nawi, Sekretaris Kwarda Provinsi Sumsel, Hasanudin, Sekretaris Kwarda Kabupaten  OKU Selatan Herman Azedi. (Ade)

Credits

Bagikan