Mawardi Dukung LVRI Sumsel Gelorakan Semangat Juang kepada Generasi Muda

user
rian 08 Agustus 2022, 20:51 WIB
untitled

PALEMBANG - Wakil Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel)  H Mawardi Yahya menyatakan sangat mendukung rencana pengurus DPD Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) Provinsi Sumsel yang akan melaksanakan Peringatan Hari Veteran Nasional (Harvetnas) Tahun 2022 pada 10 Agustus 2022 mendatang.

Menurut Mawardi, pada prinsipnya Pemprov Sumsel  mensupport kegiatan tersebut baik dari sisi penyediaan tempat dan lainnya melalui Badan Kesbangpol, Dinas Sosial dan juga Biro Umum dan Perlengkapan. Kegiatan tersebut  dilakukan dalam rangka mengenang jasa-jasa para pejuang nasional yang memiliki pengalaman di bidang militer atau penegakan hukum di Indonesia.

Selain itu juga untuk mengenang gencatan senjata pada tanggal 10 Agustus 1949 setelah para Pejuang Kemerdekaan Republik Indonesia melawan pasukan Belanda.

"Hasil audiensi ini akan Saya sampaikan ke Gubernur Sumsel. Semoga nanti waktunya pas beliau bisa menghadiri langsung. Pada prinsipnya Pemprov mendukung penuh kegiatan ini," jelas Mawardi.

Saat ini kata Mawardi pergeseran kondisi lumrah terjadi. Iapun meminta para LVRI tak jenuh untuk selalu mengibarkan semangat juang kepada generasi muda melalui sosialisasi baik kepada para pelajar, mahasiswa maupun para pemuda.

"Selama ini terbatas karena Covid, tapi tetap bisa disiasati melalui online, medsos dan lainnya," ucap Mawardi.

Sementara itu, Ketua DPD LVRI Provinsi Sumsel Dr. Ramses PN.D. MIN mengatakan acara Harvetnas 2022 itu rencananya digelar 10 Agustus 2022 nanti, dengan  melibatkan sekitar 250 tamu undangan.

Menurut Ketua LVRI Sumsel periode 2021-2026 Harvetnas itu akan diisi dengan beberapa rangkaian acara, seperti ziarah, dan zoom meeting mendengarkan sambutan Menhan.

"Kami akan sangat senang jika Pak Gubernur Sumsel berkenan hadir pada acara kami ini," jelasnya.

Tak hanya Gubernur, mereka juga berharap Forkopimda lainnya seperti Ketua DPRD, Pangdam II Sriwijaya dan Kapolda Sumsel dapat hadir.

Dalam kesempatan tersebut Ramses juga menjelaskan bahwa hingga saat ini masih terdapat 303 veteran lagi yang nasih hidup di Sumsel dan 119 orang Veteran PKRI.

Mereka juga mengaku masih aktif menggelorakan semangat tentang perjuangan kepada generasi muda.  "Para Veteran PKRI ini baiknya terus ditampilkan terutama kepada anak muda agar mereka bisa paham kenapa kita harus merdeka," tutupnya. (Ade)

Kredit

Bagikan