Banyak Penambang Ilegal, Pagar Bandara Depati Amir Terancam Roboh

user
admin 15 Desember 2021, 19:09 WIB
untitled

PANGKALPINANG | Bandara Depati Amir Pangkalpinang menjadi sasaran empuk bagi pencuri timah dengan melakukan penambangan secara ilegal. Kawasan belakang bandara yang kaya akan potensi timah diserbu oleh penambang  baik konvensional maupun korporasi skala besar menggunakan alat berat excavator.

Pantauan di lapangan, Rabu siang (15/12/2021) sejumlah lokasi TI upin-upin kedapatan sedang beraktivitas mencari pasir timah persis di belakang bandara melewati lokalisasi Parit 6. 

Warga setempat memanfaatkan timah sebagai penghasilan meski cara yang dipakai illegal. Tembok pagar keliling milik bandara terlihat banyak yang roboh. 

Pemandangan mencolok didapati 2 alat berat excavator warna kuning dan merah sedang menggali tanah di belakang bandara. 

“Ada pak pagar yang roboh di belakang bandara persis dekat tambang yang sekarang lagi bekerja. Robohnya sudah lama sekitar beberapa minggu. Kalau sebelum-sebelumnya memang sering roboh,” ujar salah seorang warga dibincangi di lokasi

General Manager Angkasa Pura (AP) II Pangkalpinang, Adi Wiyatno mengatakan agar masyarakat bisa Bersama-sama menjaga aset negara. 

“Kebetulan saya baru, belum tahu banyak mas. Tapi secara umum saya berharap masyarakat bisa memahami untuk sama-sama menjaga aset negara yang artinya milik masyarakat juga,” kata Adi dihubungi, Rabu (15/12/2021).

“Terima kasih infonya bang, kami coba cek info ini,” kata Erwin, OSM PGK Bandara Depati Amir dikonfirmasi. (Doni)

Kredit

Bagikan