Rempah dan Motor Listrik Binaan Pertamina Melesat ke MotoGP Mandalika 2022

user
rian 23 Maret 2022, 14:24 WIB
untitled

LOMBOK - Perhelatan MotoGP 2022 di Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat tidak hanya menjadi ajang unjuk gigi para pembalap tapi juga karya UMKM dan anak bangsa Indonesia. Rempah seduh atau wedang rempah dari Alam Bijak Nature Wisdom yang merupakan hasil binaan UMKM Academy Pertamina menjadi bagian dari merchendise program Indonesia Spice Up The World. Cenderamata ini secara lansgung diserahkan oleh Presiden Joko Widodo secara simbolis kepada para pebalap, Minggu (20/3/2022).

Rempah Seduh hadir sebagai minuman rempah pendamping kopi dan teh yang dikemas dalam bentuk saset yang memudahkan orang untuk menikmati rempah-rempah di dalamnya. Taraporter Indonesia sebagai produsen Alam Bijak Nature Wisdom terpilih di batch I program ISUTW bersama 79 perusahaan lainnya. Tak kalah hebat, pemrakarsa jamuan minum rempah itu sendiri, Rosita YS Wibawa menjadi bagian dari program PFpreneur Pertamina Foundation tahun 2020 dan masuk ke dalam daftar 30 Women Leaders & Entrepreneurs terpilih.

“Program ini memiliki target peningkatan jumlah ekspor bumbu/rempah sebesar 2 miliar dolar AS dan empat ribu restoran Indonesia di mancanegara pada 2024. Saya mengucapkan banyak terima kasih atas dukungan dari tim Pertamina Foundation yang menguatkan kami sejak mendapat pendampingan usaha sebagai mitra binaan. Semoga rempah-rempah tersebut dikenal manfaatnya oleh para pembalap MotoGP dan dunia global secara lebih baik lagi,” kata Rosita.

Hal membanggakan lainnya datang dari motor listrik karya tim Arfie Ikhsan Firmansyah yang turut tampil di Mandalika. Karya hebat ini merupakan top 6 proyek inovasi EBT PFsains 2021 yang dibina langsung oleh Pertamina Foundation. Proyek modifikasi sepeda motor penggerak motor bakar menjadi sepada motor listrik berbasis baterai ini diusung oleh tim Arfie.

"Inovasi motor listrik ini datang dari keinginan saya untuk mengurangi dampak negatif penggunaan BBM yang tinggi pada lingkungan. Berkat dukungan Pertamina Foundation, kami bisa membuat prototipe ini siap pakai," kata Arfie.

Rasa senang sekaligus bangga disampaikan oleh Presiden Direktur Pertamina Foundation, Agus Mashud S. Asngari atas kontribusi yang telah diberikan Pertamina.

"Di tengah hingar bingar kesuksesan Pertamina MotoGP Mandalika 2022, terselip cerita hebat  Pertamina UMKM Academy, mitra binaan PFpreneur Pertamina Foundation, yaitu rempah seduh dan proyek PFsains motor listrik. Senang sekali rasanya bisa membantu mengharumkan nama bangsa di international event seperti ini. Next akan lebih banyak lagi proyek-proyek menarik dan hebat lainnya yang akan kita bina," ungkap Agus.

"Apa yang terjadi di Mandalika, membuat saya optimis ke depan bisa menghasilkan lebih banyak binaan dan karya yang memiliki kualitas global dan bisa diekspor," tutup Agus. (**)

Kredit

Bagikan