Puskesmas Mirip Rumah Sakit Tipe D, Diresmikan di Tanjung Lubuk OKI

user
nandong 25 Mei 2022, 22:30 WIB
untitled

OKI - Wakil Bupati Ogan Komering Ilir (OKI) M. Dja'far Shodiq meresmikan Pusat Layanan Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Tanjung Lubuk, Rabu (25/5/2022).

Puskesmas yang berdiri megah di pusat ibu kota kecamatan tersebut miliki fasilitas lengkap setara Rumah Sakit (RS) Tipe D.

"Komitmen Bupati didukung Gubernur Sumsel untuk memberikan layanan kesehatan kepada masyarakat di Kabupaten OKI," terang Kepala Dinas Kesehatan OKI, Iwan Setiawan.

Iwan menjelaskan, puskesmas tersebut melayani lebih kurang 9.347 jiwa yang tersebar di 8 desa dan 1 kelurahan di Kecamatan Tanjung Lubuk.

"Di Kecamatan ini (Tanjung Lubuk) terdapat 2 Puskesmas, satu non rawat inap dan 1 rawat inap kita resmikan hari ini," terang dia.

Fasilitas Layanan di Puskesmas Tanjung Lubuk terbilang lengkap. Bangunan yang berdiri di atas tanah kurang lebih 6 Ha itu terdiri dari 3 Gedung utama, yaitu ruang UGD 24 Jam, Ruang Poli rawat jalan, ruang administrasi dan gedung Rawat inap berkapasitas 14 tempat tidur.

Sementara untuk tenaga kesehatan tersedia 43 orang nakes yang siap melayani. "Nakesnya sebagian kita perbantukan dari Puskesmas Pangarayan," papar Iwan.

Iwan menambahkan dari 33 Puskesmas se-Kabupaten OKI, 14 Puskesmas diantaranya sudah melayani rawat inap

"Upaya pemerintah daerah dekatkan layanan kesehatan kepada masyarakat," tambah dia.

Sementara itu Wakil Bupati OKI, M. Dja'far Shodiq berharap layanan kesehatan terus meningkat seiring semakin baiknya fasilitas yang dibangunkan pemerintah.

"Saya berharap Puskesmas ini nanti sepi orang yang sakit tapi ramai dan baik layanannya," Ujar Shodiq.

Shodiq juga berpesan agar pelayanan yang diberikan lebih bagus dari bangunan fasilitas kesehatan.

"Saya titip layanannya harus lebih bagus dari gedung ini," tutur dia.

Shodiq juga meminta jajaran Puskesmas di Kabupaten OKI mengawal upaya pemerintah menurunkan prevelensi stunting.

"Agar diperhatikan keluarga, ibu-ibu melahirkan terkait gizi dan kesehatan anak-anaknya supaya kita mampu menekan stunting," ujar Shodiq.

Shodiq menambahkan, peningkatan fasilitas dan layanan kesehatan merupakan upaya pemerintah untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat dan menambah usia harapan hidup masyarakat OKI. (Romi)

Credits

Bagikan