OKU Selatan Didorong untuk Jadi Sentra Jagung

user
Romi Maradona 01 Oktober 2022, 20:57 WIB
untitled

Beritamusi.co.id - Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan diproyeksikan menjadi sentra jagung Sumatera Selatan (Sumsel) bahkan nasional. Hal ini sebagaimana diungkapkan Kepala Dinas Pertanian Provinsi Sumsel, Dr. Ir. H. R Bambang Pramono saat mewakili gubernur menghadiri panen raya Demplot Jagung di Desa Batu Belang Dua, Kecamatan Muaradua, Sabtu (01/10/2022).

Diungkapkannya, saat ini OKU Selatan menjadi penyumbang produksi padi terbesar di Sumsel bahkan hal ini terjadi dalam beberapa tahun terakhir. "Pada tahun 2021 OKU Selatan memproduksi lebih dari 937 ribu ton jagung kering atau 44 persen produksi jagung Sumsel berasal dari OKU Selatan. Dan pada tahun ini, hingga saat ini OKU Selatan telah berkontribusi pada produksi jagung di Sumsel sebesar 62 persen," katanya seraya disambut tepuk tangan dari para tamu undangan dan para petani yang hadir.

Dikatakannya juga, OKU Selatan juga dipercaya menjadi lokasi food estate Sumatera Selatan khususnya sebagai daerah penghasil jagung. Ke depan, diungkapkannya, Pemprov Sumsel juga berencana untuk membangun pabrik pakan ternak pertama di Sumsel yang berlokasi di OKU Selatan.

Sejalan dengan apa yang disampaikan Kadis Pertanian Sumsel, Bupati OKU Selatan, Popo Ali Martopo, B.Com., mengungkapkan bahwa dalam beberapa tahun terakhir OKU Selatan tengah mengembangkan produksi pertanian khususnya jagung. Menurutnya, dari tahun ke tahun produksi jagung do OKU Selatan terus meningkat.

Hal ini berkat kerjasama dari berbagai pihak di tingkat provinsi, pihak perusahaan hingga aparat TNI. "Kami mengucapkan terimakasih atas dukungan untuk kemajuan sektor pertanian dan perkebunan di Kabupaten OKU Selatan. Karena mimpi kita bersama untuk meningkatkan produksi dan mewujudkan OKU Selatan sejahtera, mandiri, dapat tercapai. Hingga nanti OKU Selatan jd sentra jagung Sumsel bahkan nasional," ungkapnya.

Bupati OKU Selatan dua periode ini juga mengucapkan terimakasih kepada pihak PT Mitra Tani Sejahtera yang bersedia menerapkan pola pertanian modern yang dapat menghasilkan produksi yang lebih banyak bahkan berkali lipat. Serta pihak TNI dalam hal ini Kodim 0403/OKU dan para personelnya yang terus mendukung dan mendampingi para petani untuk terus menghasilkan produksi yang baik.

"Kami fokus mengembangkan ini dan sekarang ada potensi serta partisipasi perusahaan, dimana pengelolaan lahan yang minim menggunakan pupuk tapi menghasilkan produksi tinggi. Inovasi ini semoga dapat kian memajukan pertanian dan perkebunan di OKU Selatan. Dan apa yang telah dilakukan ini dapat ditularkan di kecamatan lainnya," katanya.

Dalam kesempatan yang sama, sebelum melakukan panen raya bersama Bupati dan Wakil Bupati OKU Selatan, Dandim 0403/OKU dan para tamu undangan lainnya, Komandan KOREM 044/Gapo Brigjen TNI M. Naudi Nurdika, S.IP., M.Si., M.TR(Han) mengungkapkan bahwa TNI sangat mendorong peningkatan dan kemajuan pada sektor pertanian.

Menurutnya, hal ini merupakan upaya untuk mencapai kesejahteraan. Karena kesejahteraan akan selalu beriringan dengan keamanan. "Ketika kesejahteraan tercapai, keamanan juga akan tercapai," ujarnya.

Terkait panen raya dan hasil yang telah diterapkan terhadap para kelompok tani di Desa Batu Belang Dua ini dapat diterapkan pada kelompok tani lainnya. "Untuk dilakukan pelatihan kepada para petani bagaimana mengaplikasikan pupuk dengan benar. Merekrut masing-masing desa atau kelompok tani. Mari kita wujudkan dan tunjukan kepada daerah lain bahwa daerah kita adalah daerah yang makmur. Mari bersama berdoa dan berusaha semoga niat baik kita dapat membawa kebaikan bagi kita semua," ucapnya.

Dalam kesempatan itu juga turut diserahkan sejumlah bantuan berupa bibit jagung, pupuk, lampun (jerat hama), serta sejumlah bantuan lainnya yang kemudian dilanjutkan dengan panen jagung bersama.

Kredit

Bagikan