Konsesi Tebu jadi Kebun Sawit, Komisi II DPRD OKI Segera Panggil Dinas Terkait

user
admin 07 Desember 2016, 07:29 WIB
untitled

Konsesi Tebu jadi Kebun Sawit, Komisi II DPRD OKI Segera Panggil Dinas Terkait Lahan pembibitan yang tak jauh dari kebun yang akan ditanami. Foto: Humas KLHK

KAYUAGUNG I Terkait temuan dari Satgas Monitoring dan Evaluasi Gambut bentukan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, kala turun lapangan pekan akhir November 2016 lalu yang menemukan puluhan ribu hektar konsesi tebu yang berubah menjadi kebun sawit di Kabupaten Ogan Komering Ilir.

Komisi II DPRD OKI akan segera memang intansi terkait guna meminta klarifikasi kenapa hal tersebut bisa terjadi. “ Kita akan pelajari dulu temuan satgas yang dibentuk oleh KLHK tersebut dan akan kita panggil dinas yang bersangkutan untuk dimintai penjelasan,”kata Mahidin ketua Komisi II DPRD OKI.

Menurutnya, terkait pelanggaran operasional kebun sawit di OKI dan pelanggaran izin pelepasan kawasan pihaknya belum begitu mengetahui secara persis. “Makanya akan kita panggil dulu instansi terkait dalam hal ini dinas perkebunan guna dimintai penjelasan,”terangnya.

Sementara itu, Budiman anggota Komisi II DPRD OKI, sangat menyayangkan hal tersebut menurutnya, lahan di Kabupaten OKI semakin sempit karena banyaknya investor swasta yang sudah mengeksploitasi lahan.

Katanya, nawacita pemerintah pusat yang mencanangkan ketahanan pangan berbanding terbalik jika saat ini masih diterbitkan izin lokasi bagi swasta. “ Kalau memang izin tebu tidak tercapai alangkah baiknya jika dialihkan menjadi cetak sawah hal itu akan lebih member kontribusi bagi peningkatan perekonomian rakyat,”jelasnya. (Romi Maradona)

Kredit

Bagikan